Daihatsu: Pasar Otomotif Indonesia Sudah Mulai Pulih

Berita Otomotif

Daihatsu: Pasar Otomotif Indonesia Sudah Mulai Pulih

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menilai bahwa saat ini pasar otomotif Indonesia sudah mulai pulih dan berhasil raih angka positif dalam penjualan.

Sejak terjadinya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), penjualan otomotif di Indonesia langsung turun signifikan. Puncaknya adalah pada Kuartal II karena ketika itu masih ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat.

Namun setelah berakhirnya PSBB tersebut, pemulihan industri otomotif mulai membaik. Pemulihan ini dapat terlihat dari angka penjualan kendaraan di Indonesia pada bulan Oktober meningkat dibandingkan bulan September.

Secara nasional, penjualan otomotif mengalami pemulihan menuju tren positif pada Oktober dibandingkan September lalu. Kenaikan pasar terjadi pada retail sales sebesar 6% menjadi sekitar 46 ribu unit, dan pada wholesales sebesar 1% menjadi sekitar 49 ribu unit.

Pada penjualan periode Januari – Oktober 2020, Daihatsu tetap mempertahankan posisi peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan capaian retail sales sebesar 81.623 unit. Angka tersebut mengalami peningkatan marketshare menjadi 18% dibandingkan periode sama tahun 2019 lalu yang hanya sebesar 16,9%.

Hasil positif juga tetap diraih oleh Daihatsu pada wholesales. Secara total penjualan wholesales Daihatsu mencapai 77.471 unit dengan peningkatan marketshare menjadi 18,4% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu sebesar 17,7%.

Daihatsu Pasar Otomotif Indonesia Sudah Mulai Pulih 123
“Daihatsu sendiri memiliki target posisi kedua dengan marketshare minimal 17%. Jadi berapapun marketnya, yang kami pertahankan adalah kedua hal tersebut. Saat ini, kami masih di posisi kedua dan target minimal 17% sudah tercapai karena sekarang posisinya sudah 18%. Kami optimis hingga akhir tahun dapat tercapai,” terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit, dengan Gran Max Pick Up kontributor di peringkat pertama yakni sebanyak 2.827 unit atau berkontribusi sebesar 34,8%. Disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9%) dan Ayla 1.013 unit (12,5%).

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif. Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Hendrayadi Lastiyoso. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar