Daihatsu Optimis Pasar Mobil akan Terus Meningkat

Berita Otomotif

Daihatsu Optimis Pasar Mobil akan Terus Meningkat

KARAWANG –  Daihatsu optimis pasar otomotif khususnya mobil Indonesia akan terus tumbuh dan berkembang. Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, di Pabrik Daihatsu Karawang, kemarin (2/8).

“Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar mobil di Indonesia selama satu dekade  terakhir ini, telah tumbuh rata-rata 11,4 % per tahun, dari 533,917 unit  pada tahun 2005 menjadi 1,013,291 unit pada tahun 2015,” ujarnya.

“Ini menunjukkan bahwa potensi pertumbuhan pasar otomotif Indonesia sangat menjanjikan dan volume pasar domestik akan terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan ekonomi kita. Untuk itu, kami optimis pasar otomotif Indonesia akan terus meningkat pada masa mendatang.”

Dia menjanjikan Toyota dan Daihatsu akan terus bekerjasama untuk menyediakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam 13 tahun terakhir mereka telah mengeluarkan 4 proyek kolaborasi yang menghasilkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, serta terakhir Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

“Proyek-proyek kolaborasi tersebut selain telah meningkatkan investasi dalam negeri juga telah membuka lapangan kerja baru bagi putera-puteri bangsa, serta meningkatkan local content atau Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN),” imbuh direktur Daihatsu Motor Company tersebut.

Dia mencotohkan untuk mengembangkan Sigra dan Calya dibutuhkan investasi sekitar Rp 1,1 triliun dan kandungan lokalnya mencapai 94% dengan melibatkan total 178 pemasok lokal komponen tingkat pertama dan 890 pemasok lokal komponen tingkat kedua, yang menyerap tenaga kerja hampir 600 ribu orang.

Sedangkan total pemasok mitra bisnis PT Astra Daihatsu Motor saat ini terdiri dari 254 pemasok tingkat pertama, dan 1270 pemasok tingkat kedua dengan total tenaga kerja yang terserap mencapai sekitar 900 ribu orang.

Lebih lanjut Sudirman memaparkan bahwa dua pabrik perakita PT Astra Daihatsu Motor, Karawang dan Sunter, memiliki kapasitas produksi 530 ribu unit per tahun. Pabrik Karawang sanggup memproduksi 200 ribu kendaraan per tahun sementara Sunter Assembly Plant berkapasitas 330.000 unit per tahun.

“Dengan kapasitas 530 ribu per tahun menjadikan PT Astra Daihatsu Motor sebagai pabrik otomotif  terbesar di Indonesia sampai saat ini,” klaimnya. [Idr]

  

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual