Daihatsu Mulai Bangun Pabrik Baru untuk Avanza-Xenia di Karawang

Berita Otomotif

Daihatsu Mulai Bangun Pabrik Baru untuk Avanza-Xenia di Karawang

JAKARTA – Pabrik yang akan menjadi ‘rumah’ baru bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mulai dibangun di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik milik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) tersebut menjalani seremoni pemancangan tiang perdana (groundbreaking) pada Kamis (2/2/2023) kemarin.

Adapun lokasinya ada di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur.

“Kali ini, dalam rangka komitmen kerja sama lebih lanjut dengan Indonesia, kami memutuskan untuk memperbarui lini produksi nomor dua pabrik Karawang Assembly Plant. Investasi kami untuk pabrik ini mencapai Rp2,9 triliun dan akan mulai beroperasi pada Desember 2024,” ucap President Director ADM Yasushi Kyoda, seperti dikutip dari keterangan resmi.

maket pabrik Daihatsu Karawang

Kehadirannya bakal menggantikan lini produksi nomor satu pabrik Daihatsu di Sunter, Jakarta Utara yang sudah berusia 27 tahun.

Adapun model-model yang akan pindah perakitannya adalah model-model Daihatsu serta Toyota.

Dari sisi Toyota ada Avanza serta Rush. Sementara itu, model-model milik Daihatsu ialah Xenia plus Terios.

Belum diketahui, apakah pada masa mendatang terdapat model baru lain yang dibuat di sana.

All New Daihatsu Xenia

Kapasitas produksi pabrik baru Daihatsu di Karawang nantinya mencapai 140 ribu unit per tahun. Aktivitas perakitan kelak mengadopsi konsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact).

“Sejalan dengan semangat menuju netralitas karbon, pabrik ini juga dilengkapi dengan energi yang memanfaatkan panel surya,” tandas Kyoda.

Daihatsu sudah memiliki aktivitas manufakturing di Tanah Air selama nyaris 45 tahun, sejak 1978.

Kini, kapasitas produksi pabrik-pabrik mereka di Sunter dan Karawang secara akumulatif mencapai 530 ribu unit per tahun.

Bahkan, pada 2022, Daihatsu mampu merakit di atas kapasitas tersebut yaitu 560 ribu unit.

All New Toyota Avanza

Daihatsu merupakan merek mobil terlaris kedua di Indonesia, di bawah ‘kakak’ mereka Toyota. Status ini sudah mereka pertahankan selama 14 tahun berturut-turut, sejak 2009.

“Kami berharap, ke depannya ADM dapat terus berinovasi dan berkontribusi secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia serta dapat memantapkan posisinya sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara, bahkan di dunia,” kata Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Dody Widodo yang turut hadir di seremoni groundbreaking. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang