Daihatsu Luncurkan Kembaran New Toyota Camry

Mobil Baru

Daihatsu Luncurkan Kembaran New Toyota Camry

TOKYO - Daihatsu lakukan rebranding new Toyota Camry yang diberi nama Daihatsu Altis.

Sejatinya hal ini sudah sejak 2000an, di mana Daihatsu ikut menjual Toyota Camry namun dengan emblem "D". Hal ini lumrah dilakukan, apalagi kini kepemilikan Daihatsu sepenuhnya merupakan milik Toyota.

Yang sedikit bergeser menurut pemahaman car enthusiast adalah terapan pola bisnisnya. Khususnya di Indonesia, Toyota dan Daihatsu melakukan pembagian posisi market. Di mana Toyota bermain di kelas yang lebih tinggi sedangkan Daihatsu bermain dikelas menengah bawah.

Daihatsu Altis sendiri baru dijual khusus untuk pasar Jepang. Dari setiap jengkal detailnya, tak ada perbedaan jika dibandingkan dengan new Toyota Camry selain logo yang ditempatkan di tengah grille. 

Tidak seperti new Toyota Camry, Daihatsu Altis hanya akan dijual dalam 1 varian saja. Daihatsu janya menjual versi hybrid 2.6-liter dengan penggerak 2 roda.

Untuk posisi pasar, Daihatsu Altis memiliki baderol sama dengan Toyota Camry G yakni 3.499.200 yen atau sekitar Rp 410 juta. Agak aneh memang. 

Kenapa harus dibuat dengan tawaran harga yang sama?. Kenapa tidak seperti di Indonesia, contohnya Toyota Sigra pasti dijual dengan harga dan spesifikasi lebih rendah dibandingkan Toyota Calya. Hal yang juga sama terjadi pada Daihatsu Terios-Toyota Rush, Xenia-Avanza, Ayla-Agya.

Dalam hal ini, jika konsumen ingin model ini dengan harga lebih murah, pastinya akan mendatangi showroom Daihatsu. Karena masih terdapat Toyota Camry X yang harganya ditawarkan lebih murah yakni 3.294 juta yen atau sekitar Rp 386 juta.

Dengan hadirnya Daihatsu Altis yang dijual oleh dealer Daihatsu plus new Toyota Camry pada saat bersamaan dijual di dealer Toyopet, Corolla dan Netz, Toyota berharap dapat menjual sekitar 2.400 untuk di pasar domestik Jepang.  

Terakhir, sayangnya kenapa Daihatsu harus menggunakan nama Altis? Ini membuatnya menjadi rancu dengan model milik Toyota yakni Corolla Altis. Apakah ini bagian dari strategi penjualan Toyota? Nantikan jawabannya pada pemberitaan berikutnya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual