Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu: Kami dan Toyota Itu Menguasai Separuh Pasar Mobil Indonesia

Berita Otomotif

Daihatsu: Kami dan Toyota Itu Menguasai Separuh Pasar Mobil Indonesia

BULELENG – Eksekutif Daihatsu menegaskan setengah dari pasar mobil Indonesia dikuasai hanya oleh dua merek: Toyota dan Daihatsu.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menilai laju pasar mobil Tanah Air sedikit-banyak bisa digambarkan oleh Toyota plus Daihatsu. Pasalnya, duo yang masih satu grup ini mendominasi penjualan.

“Bukan menyombongkan diri. (Pangsa pasar) Toyota itu, kan, sekitar 31-32 persen. Daihatsu antara 17 persen, tapi akhir-akhir ini malah 18-19 persen. Berarti, kalau dijumlah 32 persen tambah 18 persen saja itu sudah 50 persen, ya,” ujar dia merespons pertanyaan Mobil123.com di dalam acara Corporate Social Responsibility (CSR) di Buleleng, Bali pada 28-29 Juli 2022.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Juni 2022 duet Toyota-Daihatsu menempati peringkat satu dan dua merek mobil terlaris di negeri ini.

Toyota membukukan penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) 146.202 unit atau meningkat 21,1 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Adapun pangsa pasar mereka sedikit menguat, dari 31,1 persen menjadi 31,4 persen.

Daihatsu, di sisi lain, menorehkan 90.765 unit. Ada pertumbuhan 35 persen yoy.

“Daihatsu masih bisa selalu mengatakan bahwa meskipun ada kendala alhamdulillah antara permintaan dengan suplai selalu bisa mengimbangi,” tukas Hendrayadi terkait krisis cip semikonduktor global yang dialami semua merek.

“Ini kenapa Daihatsu, dari Januari-Juni, mengalami peningkatan jauh lebih besar daripada peningkatan pasar yang 20 persen. Daihatsu mengalami peningkatan 35 persen, sehingga pangsa pasar menjadi 19,5 persen untuk retail (Januari-Juni 2021 17,3 persen—Red),” paparnya lagi.

Di luar Toyota maupun Daihatsu, lanjut Hendrayadi, ada lagi tiga merek mobil yang cukup menguasai pasar yakni Mitsubishi Motors, Honda, Suzuki. Mereka berlima menguasai lebih dari 80 persen transaksi jual-beli kendaraan roda empat nasional.

“Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Suzuki. Sudah, 80-85 persen pasar dipegang oleh lima itu. Jadi, pergerakan lima merek itu persis sama dengan pergerakan pasar otomotif Indonesia,” pungkasnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang