Daihatsu Jadi Produsen Mobil Terbesar di Indonesia

Berita Otomotif

Daihatsu Jadi Produsen Mobil Terbesar di Indonesia

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Indonesia (ADM) berhasil menjadi produsen kendaraan dengan kapasitas terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data dai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT ADM memiliki kapasitas produksi mencapai 530.000 unit per tahunnya. Jumlah tersebut lebih besar dari produksi PT Suzuki Indonesia Manufaktur dan PT Toyota Motor Manufaktur Indionesia yang memiliki kapsitas 320.000 unit mobil per tahun.

Di posisi keempat, PT Honda Prospect Motor memiliki kapasitas produski kendaraan sebsar 240.000 unit per tahun. Semenrara PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia memiliki kapasitas produksi 160.000 per tahun. Sementara itu jumlah kapasitas produksi PT Nissan Motor Indonesia mencapai 150.131 unit.

PT SGMW Motor Indonesia, produsen mobil Wuling Motors di Tanah Air pun menunjukkan keseriusannya dalam memproduksi kendaraan di Indonesia. Hal ini salah satunya terlihat dari kapasitas produksi pabriknya mencapai 120.000 unit per tahun. Jumlah produksi yang sama juga diraih oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian yang memproduksi kendaraan Mitsubishi Fuso.

Secara keseluruhan, Indonesia mampu memproduksi sebanyak 2.258.313 kendaraan roda empat atau lebih dalam satu tahun. Sayangnya, jumlah produksi tersebut masih belum bisa dimaksimalkan karena meski penjualan mobil di Indonesia terbilang baik, namun jumlah ekspor mobil dari Indonesia masih rendah.

“Bagaimana kita bisa mencoba untuk membidik pasar ekspor bila kendaraan yang diproduksi di Indonesia masih lebih banyak MPV sementara pemintaan global paling besar adalah sedan?” ungkap Jongkie D Sugiarto, Ketua 1 Gaikindo.

Lagi-lagi, apa yang diutarakan Jongkie sudah muncul beberapa tahun lalu dan hingga saat ini tanpa solusi. Ia mengakui, pihaknya terus berusaha untuk meminta pada Pemerintah menyesuaikan pajak kendaraan, agar produsen mobil di Indonesia tertarik untuk memproduksi mobil sedan. Dengan demikian diharapkan, jumlah ekspor kendaraan dapat meningkat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual