Daihatsu Ingin Terus Manjakan Konsumen

Berita Otomotif

Daihatsu Ingin Terus Manjakan Konsumen

JAKARTA – Makin tingginya jumlah mobil Daihatsu di Indonesia membuat raksasa Jepang itu sadar untuk terus meningkatkan pelayanan purna jual mereka. Untuk itu, Daihatsu mengembangkan standar baru operasional bengkel, yang disebut Daihatsu Indonesia Service Management (DISM). 

Menurut Daihatsu, saat ini, layanan purnajual (after sales service) telah menjadi faktor penting bagi calon pelanggan sebelum memutuskan pembelian mobil. Melalui slogan “Daihatsu Cares for You Better”, Daihatsu terus mengembangkan layanan purnajual untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Daihatsu meyakini bahwa adanya kolaborasi antara produk yang berkualitas dengan layanan purnajual yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Dengan tujuan untuk memberikan kualitas kerja bengkel yang lebih baik dan waktu pengerjaan yang lebih cepat kepada pelanggan saat melakukan service kendaraan, Daihatsu mengembangkan standar baru operasional bengkel, yang disebut Daihatsu Indonesia Service Management (DISM). 

Melalui penerapan DISM, bengkel-bengkel resmi Daihatsu memiliki standar operasional baru yang lebih bersahabat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mencapai tujuan, DISM dijalankan dengan langkah, sebagai berikut:

1.    Reminder Service
Mengingatkan pelanggan untuk melakukan perawatan berkala serta penawaran layanan Booking Service dengan bantuan sistem database pelanggan yang terintegrasi dengan riwayat servis.
2.    Penerimaan (Reception)
Proses penerimaan yang bersahabat dan menggunakan Sistem Manajemen Antrian yang telah mengakomodir antrian pelanggan baik Booking / Non-Booking sejak kendaraan pelanggan sampai di Pos Sekuriti.
3.    Proses Servis (Production)
Penerapan SOP baru dalam perawatan berkala dan proses pencucian kendaraan untuk mempersingkat waktu proses servis. Serta pemantauan progress pekerjaan yang berbasis komputer.
4.    Pemeriksaan Akhir (Final Inspection)
Penggunaan formulir pemeriksaan yang baru dalam mengecek dan memastikan seluruh pekerjaan dan permintaan pelanggan telah dilakukan 
5.    Penyerahan Kendaraan (Delivery)
Penjelasan setelah servis kepada pelanggan dengan menggunakan formulir pemeriksaan yang baru.
6.    Konfirmasi Hasil Perkerjaan  (Follow Up H+3)
Menghubungi pelanggan di H+3 untuk mengkonfirmasi hasil servis dengan  menggunakan sistem database pelanggan yang ter-update dan terintegrasi.

Saat ini, DISM dipioritaskan di 11 bengkel resmi di kota-kota besar yang melayani permintaan yang tinggi, yakni Astra Daihatsu BSD, Astra Daihatsu Cibubur, Astra Daihatsu Cibeureum-Bandung, Astra Daihatsu Jl. 

Majapahit-Semarang, Astra Daihatsu Malang, Astra Daihatsu Jl. Sisingamangaraja-Medan, Astra Daihatsu Samarinda, Astra Daihatsu Makassar, Tunas Matraman, ASCO Bekasi, Astrido Otista, dan akan terus diperluas hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. 

“Kami berharap dengan adanya penerapan DISM, pelanggan mendapat pengalaman terbaik saat melakukan service di bengkel resmi Daihatsu. Program ini merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan kualitas layanan purnajual”, ujar Lili Herman, After Sales Service and Logistic Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support