Daihatsu Himbau Periksa Kondisi Ban untuk Hindari Kecelakaan

Panduan Pembeli

Daihatsu Himbau Periksa Kondisi Ban untuk Hindari Kecelakaan

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motor mengingatkan dan menghimbau pelanggannya untuk memperhatikan kondisi ban kendaraannya.

Peringatan tersebut disampaikan di sela-sela program Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dengan tema Defensive Driving for Daihatsu Club. Program ini diikuti oleh dua club yaitu Terios Indonesia serta Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC) dan mengangkat tema “Pentingnya Kondisi Ban Kendaraan”.

“Daihatsu mengangkat tema pentingnya Kondisi Ban Kendaraan dikarenakan melihat banyaknya tingkat kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh buruknya kondisi ban. Kami berharap dengan sharing ini dapat  memberikan edukasi untuk lebih bijaksana dan antisipatif dalam berkendara," jelas Ben Faqih, Executive Coordinator People Development – CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Setiaknya ada tiga poin yang harus menjadi perhatian pelanggan terhadap ban kendaraan. Pertama adalah tekanan angin lalu ketebalan ban mobil dan masa pakai ban.

Tekanan angin dianggap penting karena bila ban tidak memiliki tekanan yang sesuai dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Tak hanya itu, risiko kecelakaan akan meningkat karena terjadi gaya gesekan yang tinggi dan dapat berakibat panas pada ban. Akibatnya, ban dapat robek atau meletus karena panas tersebut.

Selanjutnya adalah ketebalan ban. Ban yang sudah tipis akan kehilangan daya traksi dan memudahkan terjadinya tergelincir ketika berkendara. Disarankan apabila ban mobil sudah tipis segera diganti dengan ban yang baru untuk menghindari risiko kecelakaan.

Terakhir adalah masa pakai ban. Meski kembang ban terlihat masih tebal, namun belum tentu menjamin ban tersebut masih sehat. Pasalnya, usia ban hanya sekitar tiga hingga lima tahun saja untuk menghindari adanya karet yang sudah getas karena temakan usia. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual