Daihatsu Indonesia Ketiban Berkah dari Larisnya Toyota Rush di Luar Negeri

Berita Otomotif

Daihatsu Indonesia Ketiban Berkah dari Larisnya Toyota Rush di Luar Negeri

JAKARTA – Aktivitas ekspor Daihatsu Indonesia terdongkrak pada 2019 berkat Toyota Rush.

Elfina Afny, Planning and Communication Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan saat ini pabrik Daihatsu Indonesia memproduksi dan mengekspor 5 model Toyota yaitu Rush, Agya (yang di luar negeri bernama Wigo), Avanza, Town Ace, serta Lite Ace. Selain itu, ada pula mereka juga mengekspor Daihatsu Gran Max, baik yang berjenis minibus maupun pikap.

Pada Januari – Oktober 2019, Daihatsu, menurut dia, sudah memproduksi sekitar 104 ribu unit untuk ekspor. Sementara itu, untuk pasar domestik, mereka sudah memproduksi 339 unit.

“(Produksi untuk) ekspor pada sepanjang 2018 kemarin 118 ribu unit. Tahun ini hingga Oktober 104 ribu. Jadi sebulan sekitar 10 ribu-an. Pada akhir tahun nanti target kami sendiri mencapai angka di atas tahun lalu. Mungkin di atas 120 ribu-an,” ucap dia dalam Workshop Industri Grup Astra pada awal pekan kemarin di Jakarta.

Menurut Elfina, peningkatan tersebut disebabkan oleh dua faktor. Alasan utama adalah ekspor Rush generasi terbaru yang jauh lebih banyak daripada generasi lamanya.

Sebagai informasi, Rush merupakan produk hasil kolaborasi Toyota dengan Daihatsu yang hanya diproduksi di Indonesia. Adapun kembarannya di Indonesia adalah Daihatsu Terios.

Generasi baru keduanya meluncur pada akhir 2017 dan mulai didistribusikan pada Januari 2018. Ekspor generasi baru atas nama Rush pun dimulai sejak 2018.

Jika Rush generasi lama hanya dikirim ke Malaysia, generasi barunya tahun lalu dikirim ke lebih dari 50 negara. Ekspornya pun pada 2018 meroket dari 27 unit menjadi 34.100 unit menurut keterangan resmi dari Toyota beberapa waktu lalu.

Meningkat Lagi
Ekspor Rush pada Januari – Oktober kemarin, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), telah melebihi pencapaian Januari – Desember 2018. Selama 10 bulan, jumlahnya mencapai 40.696 unit.

Total unit yang diekspor oleh Daihatsu sendiri adalah 102.399 unit, baik untuk merek sendiri maupun Toyota. Angka ini berbeda dari keterangan angka produksi untuk ekspor dari Elfina yang mencapai 104 ribu unit.

Alasan kedua peningkatan ekspor Daihatsu dari Nusantara adalah bertambahnya negara tujuan. Ada satu negara yang pada 2019 ini baru mereka masuki.

“Kami juga ada satu destinasi baru yaitu Papua Nugini,” tukas Elfina tanpa menyebut model apa yang dikapalkan ke sana. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support