Daihatsu Ico Ico dan Tsumu Tsumu Siap Debut Global di Tokyo

Berita Otomotif

Daihatsu Ico Ico dan Tsumu Tsumu Siap Debut Global di Tokyo

TOKYO - Daihatsu Ico Ico dan Tsumu Tsumu melengkapi empat mobil konsep Daihatsu di Tokyo Motor Show (TMS) 2019.

TMS, salah satu pameran otomotif paling bergengsi dunia, segera hadir. Tahun ini, pameran yang berlangsung di Tokyo Big Sight tersebut akan berlangsung pada 24 Oktober hingga 4 November mendatang.

Pabrikan-pabrikan besar dunia kerap kali menjadikan TMS sebagai ajang pamer model baru maupun mobil konsep. Daihatsu, tentu saja, tak terkecuali.

Beberapa waktu lalu, Mobil123.com memberitakan dua mobil konsep mereka kelak di pameran edisi tahun ini yaitu Daihatsu Waku Waku serta Daihatsu Wai Wai. Masih ada dua lagi yang bakal tampil berbarengan yakni Daihatsu Ico Ico plus Tsumu Tsumu.

Dilihat dari bentuk, keduanya tak seatraktif Waku Waku dan Wai Wai, meski namanya sama-sama lucu. Waku Waku terlihat seperti sport utility vehicle (SUV) futuristis yang dari bentuknya dibanding-bandingkan dengan Suzuki Jimny.

Sementara, Wai Wai merupakan van yang mengingatkan para pecinta mobil dengan salah satu model ikonik di jagad otomotif, Volkswagen (VW) Combi.

Baik Ico Ico atau pun Tsumu Tsumu hanya berbentuk seperti sebuah kotak persegi panjang. Akan tetapi, teknologi serta fungsionalitas yang disandang keduanya cukup mengagumkan.

Bagaimana tidak. Ico Ico, menurut penjelasan dari keterangan resmi Daihatsu Motor Corporation beberapa waktu lalu, merupakan mobil otonom alias tidak membutuhkan pengemudi karena bisa berjalan dan menavigasikan dirinya sendiri.

Ico Ico dibuat sebagai mobil transportasi publik di jarak-jarak akhir yang ramah terhadap penyandang disabilitas serta fleksibel mengangkut koper-koper. Bentuknya kecil dan ringkas, membuatnya cocok bermanuver di atas jalan-jalan kecil perkotaan masa depan yang makin padat. Ico Ico dilengkapi pula dengan robot pelayan yang sangat perhatian bernama Ippote.

Tsumu Tsumu, di sisi lain, merupakan truk kargo masa depan di kelas kei car (segmen di Jepang berisikan mobil-mobil kecil). Kabin depannya berisikan dua kursi yang berada langsung di atas roda demi memaksimalkan kargo belakang.

Kargo belakangnya sangat bisa diutak-atik untuk memfasilitasi berbagai barang bawaan maupun kebutuhan bisnis. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support