Daihatsu: Gran Max Baru 11 Tahun, Masih Muda

Berita Otomotif

Daihatsu: Gran Max Baru 11 Tahun, Masih Muda

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor mengklaim bahwa Daihatsu Grand Max terbilang masih sangat muda.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2007, Daihatsu Gran Max belum sekalipun berganti generasi. Desainnya masih seperti itu, meski mereka mengklaim tetap melakukan ubahan yang tal kasat mata.

“Yang paling sensitif untuk disegarkan tampilannya adalah SUV karena konsumen membelinya karena stylingnya. Sementara di mobil komersial, mereka tidak butuh styling. Mereka lebih butuh fungsi, kapasitas dan ketahanan mobilnya cocok tidak dengan bisnis. Maka dari itu, ada kompetitor sudah lebih dari 30 tahun tidak ganti model,  sementara kami ini baru dari 2008. Jadi baru 11 tahun, terbilang muda untuk mobil komersial,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.

Meski demikian, Ia mengaku bahwa Daihatsu Gran Max tetap mengalami pengembangan. Hanya saja, ubahan yang dilakukan bukan dari tampilan namun meningkatkan fungsi kendaraan agar tetap cocok dengan kebutuhan masyarakat.

“Pada bulan April 2019, kami melakukan update teknologi agar cocok dengan Euro 4. Tahun lalu, kami lakukan penguatan body sehingga membuat kendaraan lebih aman. Jadi sebenarnya kami melakukan pengembangan tapi kecil-kecil. Kalau seperti itu disampaikan ke media, ya malu,” ungkapnya kemudian.

Menariknya, meski tanpa melakukan ubahan siginifikan, Daihatsu Gran Max berhasil menjadi salah satu tulang punggung penjualan. Berdasarkan data yang kami miliki, Gran Max Pick Up berhasil terjual sebanyak 30.445 unit (21 persen) dan Gran Max (MB) 11.662 unit (8%) sepanjang Januari-September 2019. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar