Daihatsu Berhasil Pertahankan Perfoma Postif di Tengah Pandemi

Berita Otomotif

Daihatsu Berhasil Pertahankan Perfoma Postif di Tengah Pandemi

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meningkatkan penjualan kendaraannya meski kondisi pasar otomotif di bulan September 2020 penuh tantangan.

Hal iini disampaikan oleh Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). Meski tidak signifikan, penjualan kendaraan di Indonesia masih menunjukkan trend postif.

“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu hingga Kuartal 3 September 2020 masih mencatatkan hasil positif. Kami berharap kondisi penjualan ini dan daya beli dapat terus membaik di tengah kegiatan masyarakat yang masih beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Secara umum, penjualan bulan September 2020 mengalami kondisi yang cukup berat. Pasalnya di bulan September, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB ketat. Selain itu, pemerintah juga berencana untuk memotong semua tarif pajak kendaraan yang menyebabkan masyarakat melakukan penundaan pembelian kendaraan.

Meski demikian, penjualan kendaraan di bulan September 2020 khususnya untuk Daihatsu justru mengalami peningkatan. Hal ini telihat dari data penjualan kendaraan yang disampaikan oleh Daihatsu beberapa waktu lalu.

Daihatsu Ayla
Berdasarkan data, sepanjang 2020 whole sales Daihatsu mencapai 69.182 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,6% atau meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,6%. Terkait retail sales, penjualan Daihatsu hingga Sep-2020 mencapai 73.488 unit dengan peningkatan market share menjadi 18% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 16,8%.

Secara bulanan, whole sales Daihatsu meningkat menjadi 11.204 unit pada September 2020. Jumlah ini naik sekitar 68% dari Agustus 2020 yang hanya berhasil meraih 6.651 unit. Pada retail sales, di September 2020 tercatat sebanyak 7.721 unit, naik sekitar 23% dibandingkan Agustus 2020 lalu sebesar 6.300 unit.

Dari jumlah tersebut, Daihatsu Sigra masih menjadi pemuncak mobil terlaris Daihatsu. Tercatat, retailsales Daihatsu Sigra berhasil meraih angka sebesar 19.918 unit kendaraan atau berkontribusi 27,1%.

Posisi selanjutnya diisi oleh Daihatsu Gran Max Pick-Up 16.231 unit (22,1%) dan Daihatsu Terios 10.888 unit (14,8%). Sementara Ayla berada di posisi ketiga dengan perolehan angka sebesar 9.465 unit. Selajutnya diposisi kelima diisi ileh Daihatsu Xenia yang berhasil terjual 7444 unit atau setara dengan 10.1%. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar