Ayla Turbo Concept Bukti Kemampuan R&D Daihatsu Indonesia

Berita Otomotif

Ayla Turbo Concept Bukti Kemampuan R&D Daihatsu Indonesia

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motor menampilkan Daihatsu Ayla Turbo Concept di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 ternyata bukan tanpa alasan jelas.

Mereka ingin menunjukkan bahwa R&D Daihatsu Indonesia tidak hanya bisa membuat sketsa dan melakukan ubahan kecil di eksterior tapi juga dapat melakukan ubahan mesin. Hal ini disampaikan oleh Amelia Tjandra. Marketing Direktur PT ADM di Karawang.

“Mainan Daihatsu Ayla Turbo ini adalah sarana untuk menunjukan bahwa tim R&D ADM bisa melakukan hal-hal yang bukan sekadar desain saja. Di Jepang kami punya banyak turbo, jadi teknologi turbo bukan suatu teknologi baru buat Daihatsu,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa Daihatsu Indonesia kedepannya akan menghadirkan mobil berteknologi turbo. Hal ini tergantung dari respon masyarakat terhadap Daihatsu Ayla Turbo Concept ini.

Ini adalah salah satu test the water, sebab banyak sekali di internet yang buat turbo. Kalau kami buat ini responnya seperti apa. Karena itulah bila nanti responnya positif, tidak menutup kemungkinan kami akan jadikan ini sebagai portfolio Daihatsu,” tuturnya.

Beda Konsep
Sementara itu Pradipto Sugondo, Research & Development Division Head PT ADM menegaskan bahwa bila memproduksi mobil berteknologi turbo maka konsepnya akan berbeda dengan Daihatsu Ayla Turbo Concept. Karena umumnya turbo yang disematkan dalam kendaraan mass production tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi  bahan bakar.

“Turbo yang dipasarkan secara masal tujuannya efisiensi. Bukan untuk power kebut-kebutan jadi agak beda. Jadi denganmesin berkapasitas 1.500 cc kami bisa dapat tenaga yang setara 1.800 tapi konsumsi bahan bakarnya tetap efisien. Kalau yang ini (Ayla) bukan, kami hanya belajar ingin tahu kalau turbo dimaksimumin di Ayla pol2an kaya mana sih,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya berharap akan ada aturan baru yang memudahkan produsen mobil untuk memasangkan teknologi sehingga mobil bisa lebih hemat bahan bakar. Salah satunya adalah penggunaan turbo. Hal ini karena penambahan teknologi akan dikenai pajak yang berbeda.

“Nanti di skema yang barus insyallah tidak mahal lagi. Tidak masuk barang mewah seperti hybrid,” pungkasnya. [Adi/Ari]

Galeri: Daihatsu Ayla Turbo



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support