Daihatsu Ayla Facelift Meluncur via YouTube, Harga Varian Terendah Rp 101,6 juta

Mobil Baru

Daihatsu Ayla Facelift Meluncur via YouTube, Harga Varian Terendah Rp 101,6 juta

JAKARTA – Daihatsu Ayla facelift akhirnya mengaspal secara virtual melalui akun YouTube resmi Daihatsu. Dengan ubahan tampang yang mirip Ayla Turbo plus penambahan sedikit fitur, banderolnya kini adalah Rp 101,6 – 153,3 juta on-the-road (OTR) Jakarta.

Ayla facelift tetap mengaspal sesuai jadwal, meski Indonesia sedang diancam oleh pandemi virus Corona. Namun, cara peluncuran diganti dari konferensi pers konvensional yang melibatkan tatap muka langsung menjadi hanya lewat siaran langsung via YouTube.

“Virus Corona telah meluas secara global, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, kami mengubah acara peluncuran kami ke peluncuran digital ini. Kami berharap untuk segera dapat bangkit kembali di situasi seperti ini,” buka Tetsuo Miura, President Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam siaran YouTube pada Kamis (19/3/2020).

Ayla sendiri, menurut Miura, telah mengaspal sejak 2013 dan menjadi pionir di segmen low cost green car (LCGC) selain Toyota Agya. Hatchback tersebut, sejak itu hingga saat ini, telah meluncur lebih dari 200 ribu unit.

Ayla versi 2020 didesain untuk lebih menggaet anak muda. Oleh sebab itu, ubahannya berfokus pada tiga aspek yang mereka perhatikan yakni desain, fitur hiburan lebih canggih, maupun fitur keselamatan lebih lengkap.

“Kalau kita perhatikan komposisi penduduk Indonesia, saat ini anak muda dan generasi milenial mendominasi struktur sosial kita. Kalau kita lihat, segmen ini sangat potensial melakukan pembeliana mobil pertama. Oleh karena itu kami perlu perhatikan gaya hidup mereka seperti apa,” tambah Priyo Wisaksono, Head of Product I and II ADM.

Inspirasi Ayla Turbo
Salah satu aspek yang berubah adalah tampilan eksterior. Mark Widjaja selaku Head of Styling Design Departement ADM menjelaskan satu ubahan paling kentara adalah grille besar dengan garnish warna ‘piano black’, ditambah bemper depan baru, bentuk rear combination lamp berbeda, juga pelek 14 inchi berdesain anyar.

Inspirasi grille depannya sendiri diambil dari Ayla Turbo. Mobil konsep ini hadir dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2 tahun lalu.

“Saat itu kami terima sangat banyak respons positif terutama soal desain. Mereka ingin kami hadirkan mobil ini. Tentu saja karena ini versi produksi, kami harus lakukan penyesuaian di sana sini supaya keinginan mereka dapat terwujud,” papar Mark.

Di sektor interior, terdapat diferensiasi Floating Type Center Cluster dan AC Digital. Ada pula fitur-fitur seperti Parking Camera, Retractable Auto Mirror, maupun sistem pengereman ABS+EBD. Ayla facelift hadir pula dengan dua warna bodi baru, Metallic Yellow plus Glittering Silver Metallic.

Tidak disebutkan, mulai dari tipe apa ubahan-ubahan ini berlaku. Model ini punya 16 tipe mulai dari mesin bensin 1.0-liter dan 1.2-liter.

“Harga OTR Jakarta mulai Rp 101,65 juta,” tutup Priyo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support