Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Ayla Aman! Manipulasi Uji Tabrak di Malaysia Tak Terjadi di Indonesia

Berita Otomotif

Daihatsu Ayla Aman! Manipulasi Uji Tabrak di Malaysia Tak Terjadi di Indonesia

YOGYAKARTA – Daihatsu Ayla ditegaskan aman dikendarai. Manipulasi data uji tabrak 'saudara' Ayla di Malaysia tidak ada sangkut-pautnya dengan Indonesia.

Belakangan, banyak diberitakan pengakuan serta permintaan maaf Toyota Motor Corporation pada 28 April 2023 kemarin.

Sebabnya ialah manipulasi data uji tabrak bodi samping yang dilakukan Daihatsu Motor Corporation antara lain untuk Toyota Yaris Ativ di Thailand dan Perodua Axia di Malaysia.

Yaris Ativ merupakan Vios versi ‘Negeri Gajah Putih’, sedangkan Axia adalah Ayla versi ‘Negeri Jiran’.

PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), agen pemegang merek sekaligus produsen mobil-mobil Toyota plus Daihatsu—termasuk Ayla—di Tanah Air telah meluruskan informasi tersebut.

Perodua Axia

“Sekali lagi, kami pastikan untuk produksi Daihatsu di Indonesia tidak terdampak sama sekali. Jadi, tetap bisa berkendara dengan Daihatsu dengan aman dan nyaman. Jadi, tidak ada isu,” tegas Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani, Kamis (11/05/2023) malam dalam Media Test Drive All New Ayla di Yogyakarta.

Menurut dia, setiap mobil yang dijual di Indonesia harus melalui proses homologasi dari pemerintah negeri ini yang antara lain terkait dengan keamanan dan keselamatan.

Jika tidak lolos, maka mobil tersebut tidak boleh dipasarkan.

Daihatsu Ayla 2023

“Kalau kita mengeluarkan mobil di Indonesia itu sudah memenuhi semua yang disyaratkan dalam proses homologasi. Jadi, sekali lagi, kewajiban itu sudah kami penuhi,” tandas Agung.

Pemalsuan data uji tabrak Daihatsu berpengaruh pada 88 ribu unit mobil yang dijual di Thailand serta Malaysia. Sebagian besar merupakan Yaris Ativ produksi Thailand sejak Agustus 2022, kemudian Axia produksi Malaysia sejak Februari 2023. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang