Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

KPAI dan PB Djarum Kisruh, Daihatsu Bisa Jadi Penyelamat Bulutangkis Indonesia

Berita Otomotif

KPAI dan PB Djarum Kisruh, Daihatsu Bisa Jadi Penyelamat Bulutangkis Indonesia

MAKASSAR – Daihatsu bisa menjadi penyelamat dunia bulu tangkis di Indonesia setelah Audisi Umum PB Djarum pamit.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai bahwa audisi PB Djarum merupakan salah satu promosi terselubung PT Djarum yang merupakan perusahaan rokok. Pasalnya, dalam Audisi Umum tersebut, anak-anak diberikan jersey bertuliskan ‘Djarum’ demikian pula pelatih, wasit dan panitia penyelenggara.

Padahal, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomo 109 tahun 2012 pasal 36 dan 37 sebutkan bahwa perusahaan rokok dilarang menyelenggarakan kegiatan yang menampilkan logo, merk dan brand image. KPAI menilai bahwa tindakan ini melanggar PP tersebut dan merupakan eksploitasi anak yang ditutupi dengan embel-embel pencarian bibit bulutangkis.

Kemudian PB Djarum pun akhirnya melakukan pengubahan pada Audisi Umum PB Djarum Purwokerto, pihal penyelenggara pun melakukan perbaikan. Mereka tidak menampilkan lagi logo Djarum pada jersey namun hanya di nomor peserta, kaus panitia dan kaus legenda yang menghadiri acara.

Sayang, KPAI menilai bahwa ini masih belum cukup dan meminta PB Djarum menghilangkan nama ‘Djarum’ sama sekali. PB Djarum menolak hal tersebut dan menegaskan Audisi Umum PB Djarum 2020 tidak akan diadakan hingga ada titik temu.

Untungnya dibalik polemik tersebut, PT Astra Daihatsu Motor telah berkomitmen dalam pencarian bibit atlet bulu tangkis. Bekerjasama dengan Alan & Susy Technology (Astec) mereka telah menggelar Daihatsu Astec Open sejak tahun 2016.

Tunamen yang kini ada di level Sirnas B ini akan digelar pada 7 kota besar di Indonesia dan kini sudah memasuki kota kelima. Kompetisi terdekat akan digelar pada 10 – 14 September 2019 di GOR Dafest, Jalan Parumpa Daya, Makassar.

“Semoga turnamen ini memotivasi dan melahirkan bibit-bibit muda bulutangkis dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya Makassar, serta berkontribusi pada kemajuan bulutangkis Indonesia hingga ke ajang kompetisi tingkat global yang dapat mengharumkan nama bangsa”, ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations (CR) Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Turnamen bulutangkis yang telah terdaftar dalam agenda Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) ini berlangsung di 7 kota besar di Indonesia dari Maret – November 2019. Para atlit muda yang berlaga di turnamen ini, juga memperbesar peluangnya untuk masuk seleksi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang