Daihatsu Akui Penjualan Menurun Tapi Masih Punya Sisi Positif

Berita Otomotif

Daihatsu Akui Penjualan Menurun Tapi Masih Punya Sisi Positif

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor mengklaim bahwa pihaknya telah berhasil meraih retailsales sebesar 60.706 unit dan wholesales 66.825 unit sepanjang periode Januari-April 2019.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan Daihatsu memang mengalami penurunan sebesar 6,4 persen untuk retail sales dibandingkan tahun lalu. Demikian pula dengan angka wholesales juga mengalami penurunan sebesar 14,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Namun penurunan tersebut terbilang masih lebih baik ketimbang penurunan pasar otomotif Nasional. Berdasarkan data yang kami dapatkan, retailsales nasional di periode Januari-April mencapai 340.118 unit atau turun 11,8 persen. Sedangkan wholesales nasional mencapai 337.321 unit atau turun 14,4 persen di periode yang sama tahun lalu.

Secara umum sepanjang periode Januari-April, Daihatsu Sigra menjadi model terlaris dengan retail sales mencapai 16.860 disusul oleh Gran Max Pick Up sebesar 12.065 unit. Sedangkan Daihatsu Terios berhasil meraih angka penjualan sebesar 8.698 unit atau lebih banyak dibandingkan Daihatsu Xenia yang hanya meraih penjualan sebesar 8.566 unit.

“Kami mengakui penjualan Daihatsu menurun tapi kami masih bersyukur karena penurunannya masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar. Banyak faktor yang menyebabkan penurunan pasar otomotif di semester 1 2019, tapi kami yakin di semester 2 2019 pasar akan menjadi lebih baik,” tutur Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ia pun menambahkan bahwa diharapkan kondisi akan membaik di semester kedua tahun ini. Hal ini karena di semester 1 masyarakat dihadapkan dengan banyak pengeluaran seperti anak masuk sekolah.

“Kami tidak berani memprediksi kapan pasar mobil Indonesia bangkit, tapi kami berharap di semester kedua. Diharapkan masalah pemilu reda, lebaran sudah lewat, anak sekolah sudah lewat jadi diharapkan semester kedua lebih baik,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support