Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Akui Penjualan Menurun Tapi Masih Punya Sisi Positif

Berita Otomotif

Daihatsu Akui Penjualan Menurun Tapi Masih Punya Sisi Positif

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor mengklaim bahwa pihaknya telah berhasil meraih retailsales sebesar 60.706 unit dan wholesales 66.825 unit sepanjang periode Januari-April 2019.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan Daihatsu memang mengalami penurunan sebesar 6,4 persen untuk retail sales dibandingkan tahun lalu. Demikian pula dengan angka wholesales juga mengalami penurunan sebesar 14,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Namun penurunan tersebut terbilang masih lebih baik ketimbang penurunan pasar otomotif Nasional. Berdasarkan data yang kami dapatkan, retailsales nasional di periode Januari-April mencapai 340.118 unit atau turun 11,8 persen. Sedangkan wholesales nasional mencapai 337.321 unit atau turun 14,4 persen di periode yang sama tahun lalu.

Secara umum sepanjang periode Januari-April, Daihatsu Sigra menjadi model terlaris dengan retail sales mencapai 16.860 disusul oleh Gran Max Pick Up sebesar 12.065 unit. Sedangkan Daihatsu Terios berhasil meraih angka penjualan sebesar 8.698 unit atau lebih banyak dibandingkan Daihatsu Xenia yang hanya meraih penjualan sebesar 8.566 unit.

“Kami mengakui penjualan Daihatsu menurun tapi kami masih bersyukur karena penurunannya masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar. Banyak faktor yang menyebabkan penurunan pasar otomotif di semester 1 2019, tapi kami yakin di semester 2 2019 pasar akan menjadi lebih baik,” tutur Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ia pun menambahkan bahwa diharapkan kondisi akan membaik di semester kedua tahun ini. Hal ini karena di semester 1 masyarakat dihadapkan dengan banyak pengeluaran seperti anak masuk sekolah.

“Kami tidak berani memprediksi kapan pasar mobil Indonesia bangkit, tapi kami berharap di semester kedua. Diharapkan masalah pemilu reda, lebaran sudah lewat, anak sekolah sudah lewat jadi diharapkan semester kedua lebih baik,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang