Daihatsu Berbagi 3 Teknik Pengereman yang Baik dan Benar

Panduan Pembeli

Daihatsu Berbagi 3 Teknik Pengereman yang Baik dan Benar

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) mengingatkan pentingnya berkendara aman dengan memperhatikan teknik pengereman.

Informasi ini disampaikan oleh PT ADM pada ‘Daihatsu Club Auto Clinic 2018’ dan mengangkat tema “Teknik Pengereman yang tepat”. Dalam acara yang digelar bersama dengan GT Radial ini, PT ADM menjelaskan tiga teknik dasar pengereman baik dengan ABS maupun non ABS.

Teknik pertama adalah teknik Treshold. Dalam teknik ini, pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci,  sehingga ban masih dapat dibelokkan.

Teknik kedua adalah Stab. Teknik ini biasa dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/tromol. Caranya adalah dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, juga dapat mencegah ban mengunci, dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli di bidangnya.

Teknik ketiga adalah Squeeze. Caranya sebenarnya terbilang mirip dengan teknik pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang. Bedanya, dalam teknik ini pengemudi menekan pedal rem dengan perlahan.

“Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik tepat” jelas ungkap Ben Faqih selaku Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor.

‘Daihatsu Club Auto Clinic 2018’ adalah kegiatan kegiatan sharing edukasi kendaraan untuk para klub Daihatsu. Pelaksanaan Daihatsu Club Auto Clinic tahun kedua ini akan diikuti 80 peserta dari berbagai klub seperti Maxxio (Gran Max Luxio Club Indonesia), Calsic (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual