Daftar MPV dan SUV dengan Harga Terjangkau yang akan Meluncur di 2019

Berita Otomotif

Daftar MPV dan SUV dengan Harga Terjangkau yang akan Meluncur di 2019

JAKARTA – Tahun sudah berganti dan sederet mobil baru siap meluncur di Indonesia. Di antara mobil-mobil baru itu ada cukup banyak multi purpose vehicle (MPV) serta sport utility vehicle (SUV) dengan harga terjangkau.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) meyakini bakal banyak pabrikan merilis model baru untuk merangsang pasar yang sedang dalam kondisi cukup menantang di 2019 karena Pemilihan Umum Presiden, pengetatan kredit, sampai fluktuasi nilai tukar rupiah. Model-model ini terutama adalah yang disukai pasar seperti MPV maupun SUV.

Nyatanya, cukup banyak model di kedua segmen tersebut yang sudah terungkap bakal hadir di tahun bershio Babi Tanah ini. Berikut ini kami pilihkan MPV serta SUV berbanderol terjangkau yang siap menggoda di 2019:

1. Toyota Avanza Facelift
Toyota Avanza facelift mungkin yang paling membuat penasaran. Toyota sudah memberi kode bahwa Avanza facelift segera meluncur dalam waktu dekat.
Foto-foto diduga model tersebut pun beredar di media sosial, meski  Toyota menolak mengonfirmasi. Mereka hanya mengatakan Avanza facelift tidak bakal bernuansa desain SUV dan eksterior menjadi yang terpenting untuk diubah.
Beberapa informasi yang sudah didapat Mobil123.com dari dealer adalah Avanza facelift meluncur pada Januari ini dan hampir seluruh perubahannya berada pada sisi eksterior. Di samping itu, terdapat head unit layar sentuh pada varian tertingginya.

2. Daihatsu Xenia Facelift
Jika Avanza facelift hadir, Xenia facelift tentunya juga demikian karena keduanya merupakan ‘saudara kembar’. Informasi yang dihimpun dari dealer menyebut Xenia facelift mengaspal 15 Januari dan foto-foto diduga model tersebut berserakan di media sosial. Kalau melihat tradisi Toyota-Daihatsu untuk model ini, kemungkinan besar Avanza facelift akan pula meluncur pada tanggal tersebut.
Informasi paling penting mengenai Xenia facelift adalah adanya varian mesin bensin 1.5-liter dan varian tertingginya bakal punya head unit layar sentuh. Varian berpelek kaleng kelak juga ditiadakan. Foto-foto diduga Xenia facelift memperlihatkan ubahan-ubahan desain eksterior yang amat mirip dengan sang saudara kembar.

3. Nissan MPV
Tahun ini, Nissan bakal kembali agresif meluncurkan produk baru, termasuk MPV. MPV mereka yang menggunakan platform Mitsubishi Xpander sendiri sudah dipastikan hadir pada awal tahun ini. Hal tersebut dimungkinkan karena Mitsubishi sudah menjadi bagian dari aliansi Renault-Nissan sejak akhir 2016.
Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi nantinya memproduksi Nissan MPV. Belum banyak informasi yang terungkap mengenai model satu ini, tapi Nissan menegaskan bahwa calon jagoan baru mereka akan punya desain amat berbeda dari Xpander. Isunya Nissan MPV bukanlah model yang benar-benar baru, melainkan Grand Livina generasi teranyar.

4. Wuling Confero dan Cortez Facelift
Wuling Confero maupun Cortez sebenarnya masih terhitung baru di pasar. Confero mengaspal pada Agustus 2017, sedangkan Cortez hadir pada Februari 2018 (varian mesin 1.8-liter) dan April (1.5-liter).
Namun, di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Wuling memberikan informasi bahwa mereka akan menyegarkan model-model yang sudah mereka luncurkan di Indonesia. Berhubung saat ini mereka hanya punya dua model, tak salah jika mengasumsikan Confero maupun Cortez akan dipercantik lagi tahun ini.
Mobil123.com kemudian mendapat data rencana kehadiran Cortez CVT bagi varian 1.5-liter dari situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Sejauh ini, Cortez dengan tipe mesin tersebut hanya memiliki transmisi manual.

5. Wuling Almaz
Wuling bersiap memasuki segmen SUV tahun ini, setelah pada 2017 serta 2018 selalu meluncurkan MPV. SUV Wuling sudah dipamerkan sebagai mobil eksebisi di GIIAS tahun lalu. di China, model ini bernama Baojun 530.
Belakangan, Mobil123.com berhasil mendapatkan foto eksklusif SUV Wuling berstiker kamuflase yang memperlihatkan mesin 1.5-liter turbo berpenggerak roda depan. Nama ‘Wuling Almaz’ kemudian muncul di situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan harga off-the-road Rp 203 juta.
Menurut dealer, Almaz akan dijual di kisaran Rp 300 juta-an. Konsumen sudah bisa memesannya dengan tanda jadi Rp 10 juta.

6. DFSK Glory 580 Varian Baru dan Satu Model SUV Lain
Dongfeng Sokon (DFSK) tak ketinggalan melakukan pendalaman pasar melalui produk-produk baru. Ada dua peluncuran yang sudah mereka ungkap yakni varian baru Glory 580 plus satu model SUV anyar berharga lebih murah.
Varian anyar Glory 580 akan menjadi yang termahal dan punya fitur-fitur canggih. Sayangnya, waktu peluncurannya belum dirincikan.
Adapun model SUV murah DFSK dijadwalkan mengaspal pada IIMS 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar