Daftar Mobil Kepresidenan yang Sudah Bisa Pakai Merek Negeri Sendiri

Berita Otomotif

Daftar Mobil Kepresidenan yang Sudah Bisa Pakai Merek Negeri Sendiri

JAKARTA - Sembari menunggu kabar mengenai apakah mobil kepresidenan terbaru Joko Widodo, mari kita lihat kendaraan-kendaraan berbagai kepala negara yang pakai merek dari negeri sendiri.

Informasi mengenai mobil dinas terbaru untuk para menteri makin jelas, setelah Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) mengumumkan pemenang tendernya. Namun, siapakah antara Mercedes-Benz dan BMW yang memenangi tender mobil kepresidenan Jokowi belum jelas.

Harus diakui, banyak mobil kepresidenan yang menggunakan merek asing, tapi ada juga yang sudah menggunakan merek negeri sendiri. Dengan mengutip berbagai sumber pemberitaan terkini, berikut Mobil123.com sajikan beberapa di antaranya.

1. Presiden Amerika Serikat dan Cadillac One

Cadillac One yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat Donald Trump boleh jadi mobil kepresidenan paling populer sejagad. Selain karena status ‘Negeri Paman Sam’ sebagai negara adikuasa, Cadillac One juga diklaim teramat canggih plus aman.

Banderolnya adalah 1,5 juta dollar AS (Rp 21,37 miliar). Di antar fitur-fitur ciamik di dalamnya yaitu kaca anti peluru dan antibom setebal 12 - 15 cm, bodi supertebal tahan peluru dan bom, struktur dan sasis digadang-gadang hampir tak bisa hancur, kamera visi malam dan perangkat pertahanan yang dirahasiakan, ban runflat (bisa melaju saat kempes) dengan kevlar, sistem penyokong kehidupan.

2. Presiden Rusia dan Aurus Senat

Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan mobil kepresidenan karya negeri sendiri yakni Aurus Senat. Sebelum itu, ia menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard Pullman.

Informasi spesifikasi sedan limousine itu sendiri tak sebanyak Cadillac One karena banyak yang masih dirahasiakan oleh ‘Negeri Beruang Merah’. Beberapa yang diketahui dari kendaraan hasil pengembangan Russian Central Scientific Research Automobile and Automobile Engines Institute (NAMI) ini adalah bodi lapis baja tahan peluru dan bom, perangkat komunikasi dan saluran aman, plus mesin hybrid 4.4-liter V8.

3. Presiden China dan Hongqi L5
Presiden China Xi Jinping sudah menggunakan Hongqi, merek nasional yang artinya ‘bendera merah’, sejak 2013. Adapun yang ia gunakan adalah Hongqi L5.

Beberapa waktu belakangan ini beredar kabar pemerintah China membeli Hongqi N501. Tetapi, belum terkonfirmasi apakah model tersebut diakuisisi untuk digunakan oleh Ji Xinping.

Sebagai negara komunis, tentu saja tidak banyak data spesifikasi kendaraan. Kabar yang beredar, berat L5 mencapai 3 ton dan gagang pintunya terbuat dari giok. Dengan bobot sedemikian berat untuk sebuah sedan, bisa diduga bahwa kemampuan antipeluru dan antibomnya mumpuni sekali.

Daftar sebenarnya tak berhenti di tiga negara itu karena masih ada kepala negara lain yang menggunakan mobil merek negeri sendiri. Seperti misalnya Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menumpangi DS 7 atau Kanselir Jerman Angela Merkel yang berada di kabin belakang Mercedes-Benz S 600. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar