Daftar Faktor Terbesar Penyebab Kecelakaan

Berita Otomotif

Daftar Faktor Terbesar Penyebab Kecelakaan

Kecelakaan di Indonesia memang terbilang cukup tinggi. Setidaknya, ada 72 orang meninggal per harinya pada tahun 2013 lalu lintas akibat kecelakaan di jalan. Dari semua itu, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama dari kecelakaan di Indonesia. Apa-apa saja itu?

1. Kecelakaan paling tinggi disebabkan oleh faktor manusianya. Sedikitnya 87,56% dari kecelakaan di Indonesia disebabkan oleh human error. Korlantas Polri lantas membaginya ke dalam 9 aspek yaitu tidak tertib, lengah, kecepatan tinggi, lelah, mengantuk, pengaruh minuman keras, tekanan psikologis, sakit dan pengaruh obat.

2. Faktor kedua yang paling banyak berkontribusi atas kecelakaan adalah faktor jalan. Kondisi jalan di Indonesia memang berbeda-beda, untuk itu Korlantas Polri pun membaginya ke 10 aspek penyebab kecelakaan yaitu tikungan tajam, Lubang, tidak berlampu, tidak ada rambu, pandangan terhalang, rusak, tidak bermarka jalan, licin, maka rusak dan rambu rusak.

3. Yang ketiga adalah faktor kendaraan. Kemudi yang tidak berfungsi menjadi aspek terbesar yang menjadi penyebab kecelakaan akibat faktor kendaraan. Aspek lainnya adalah rem yang tidak berfungsi, penerangan kurang, ban kurang baik, lampu depan tidak berfungsi, lampu yang menyilaukan pengemudi lain, lampu belakang tidak berfungsi, as depan pecah dan as belakang pecah.

4. Data Korlantas Polri menyebutkan bahwa faktor alam menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab utama kecelakaan. Ada 8 aspek yang menjadi penyumbang dalam kecelakaan yaitu hujan lebat, kabut, banjir, angin ribut, pohon tumbang, longsor, gempa dan tsunami.

5. Meski masih kecil, namun Korlantas Polri menggaris bawahi teknologi sebagai salah satu penyebab utama kecelakaan di Indonesia. Handphone menjadi penyebab utamanya. Adanya kebiasaan untuk menelepon, menerima Telepon hingga SMS menjadi penyebab tingginya kecelakaan akibat perkembangan teknologi.

Hanya 5 faktor utama kecekaan yang ada, namun membawa maut. Berhati-hatilah, karena nyawa hanya ada 1.

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter  



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support