Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Covid-19 Makin Meluas, Penutupan Layanan SIM Diperpanjang

Berita Otomotif

Covid-19 Makin Meluas, Penutupan Layanan SIM Diperpanjang

JAKARTA – Seluruh layanan Satpas, Gerai SIM dan SIM Keliling tetap dihentikan sementara hingga waktu yang belum ditentukan karena wabah Corona.

Sebelumnya, layanan tersebut telah dihentikan sejak 17 Maret dan rencananya akan kembali dibuka pada 1 April 2020. Namun wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang semakin hari semakin meluas menjadikan kepolisian menunda kembali pembukaan layanan SIM.

Bagi pemilik SIM yang masa berlakuknya habis selama masa penutupan pelayanan Satpas, dapat memperpanjang SIM setelah situasi dinyatakan dalam keadaan normal. Bagi orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), suspect atau positif Covid-19, proses perpanjangan SIM dapat dilakukan setelah dinyatakan sembuh dengan membawa surat keterangan dokter.

Tak hanya Jakarta, sejumlah layanan SIM dibeberapa daerah khususnya zona merah pun mulai melakukan hal serupa. Satlantas Polrestabes Surabaya ditutup mulai Selasa, 31 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

“Tutup sementara ya, mulai besok hingga batas waktu atau ada pemberitahuan lebih lanjut,” ungkap AKBP Teddy Candra, Kasatlantas Polrestabes Surabaya.

Menurut Kasatlantas, pihaknya mendapat langsung instruksi tersebut dari kakorlantas Mabes Polri untuk menutup sementara pelayanan SIM di seluruh Satpas di indonesia khususnya di Satpas Colombo Surabaya sampai waktu yang belum ditentukan.

Hal serupa juga dilakukan oleh Polres Malang yang menutup Satpas dan 3in1 Pagak, Polres Malang. Layanan SIM di kota yang telah dinyatakan sebagai zona merah Covid-19 ini baru akan dibuka kembali setelah situasi kembali kondusif.

“Perpanjangan SIM bisa dilakukan setelah pelayanan di buka kembali, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada tanggal 17 Maret dan atau selama penutupan, diberikan dispensasi untuk melaksanakan perpanjangan setelah buka pelayanan kembali,” terang Iptu Yudhi Anugrah Putra, Kanit Registrasi dan Identifikasi (KRI) Satlantas Polres Malang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang