Pameran Mobil dan Motor Klasik Bergengsi Dibatalkan Karena Covid-19

Berita Otomotif

Pameran Mobil dan Motor Klasik Bergengsi Dibatalkan Karena Covid-19

LOMBARDY – Concorso d’Eleganza Ville d’Este yang sejatinya diselenggarakan pada Oktober 2020 terpaksa dibatalkan karena pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai.

Concorso d’Eleganza Ville d’Este yang digelar di Cernobbio, Italia adalah pameran tahunan yang menampilkan mobil maupun motor klasik paling indah yang pernah dibuat. Belakangan pameran ini kerap dijadikan ajang untuk memamerkan desain terbaru dari sebuah manufaktur.

Sebagai contoh BMW R18 sebelum benar-benar diluncurkan kepada publik, pernah dipamerkan pada pameran Concorso d’Eleganza Ville d’Este. Tidak hanya mobil, MV Agusta juga pernah memboyong Superveloce 800, sebelum resmi dipasarkan.

Pameran tahunan ini menjadi kian populer karena kerap dihadiri para milyuner dunia yang memburu kendaraan langka. Para pengunjung pameran dianggap sebagai calon pembeli paling berpotensi, sehingga produk-produk langka manufaktur kerap diboyong ke sana.

Pada Maret 2020, penyelenggara pameran beramai-ramai mengumumkan pembatalan event. Termasuk Geneva Motor Show 2020 yang perhelatannya sudah di depan mata. Di Indonesia sendiri nasibnya tidak jauh berbeda karena sejumlah pameran dibatalkan. Panitia Concorso kala itu berusaha memberikan harapan dengan mengatur ulang jadwal.

Alih-alih membatalkan acara yang seharusnya digelar pada Mei 2020, diundur menjadi Oktober 2020. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pameran tersebut semakin terdesak. Kondisi pandemi yang tidak kunjung membaik, membuat panitia akhirnya mengambil keputusan untuk pembatalan acara.

“Karena tekanan yang disebabkan oleh peristiwa terkini (pandemi), sementara perkiraan pembukaan kembali status lockdown di Italia, kami memutuskan untuk membatalkan acara. Keputusan ini cukup berat bagi kami karena harus menunda dan akhirnya sampai jumpa di 2021,” tulis pihak penyelenggara.

Italia cukup keras dalam menanggapi pandemi covid-19. Sebagai negara yang pernah tercatat memiliki jumlah pasien terbanyak di luar China kala itu, tidak hanya membatalkan acara sekaliber pameran saja. Perhelatan MotoGP yang sudah digelar bertahun-tahun di Italia saja akhirnya terpaksa dibatalkan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar