Covid-19 dan PPKM Darurat Dorong GIIAS 2021 Mundur ke September

Berita Otomotif

Covid-19 dan PPKM Darurat Dorong GIIAS 2021 Mundur ke September

JAKARTA – Tanggal baru pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sudah ditentukan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pameran otomotif yang diklaim terbesar di Asia Tenggara ini tadinya bakal berlangsung pada 12-22 Agustus. Namun, rencana harus tertunda karena serangan gelombang kedua pandemi Covid-19 plus adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Asosiasi pabrikan mobil, melalui keterangan resmi yang Mobil123 terima, Jumat (2/7/2021), mengumumkan GIIAS 2021 mundur hingga ke 9-19 September. Adapun lokasinya masih sama yakni Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

“Melihat kondisi kesehatan masyarakat saat ini, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) harus memutuskan langkah terbaik yang dapat melindungi semua pihak, hal ini menjadi pertimbangan nomor satu bagi kami. Menunda penyelenggaraan GIIAS telah menjadi keputusan bersama Gaikindo dan para anggota, dengan harapan tentu di September keadaan telah lebih kondusif untuk kembali menyelenggarakan GIIAS,” ucap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

GIIAS

Tahun lalu, GIIAS terus tertunda hingga akhirnya benar-benar dibatalkan karena masuknya pandemi sejak Maret 2020. Pameran otomotif penggantinya yang berskala lebih kecil, Jakarta Auto Week (JAW) pada akhir tahun kemarin pun urung terjadi.

Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2021 Rizwan Alamsjah menegaskan pameran tahun ini dipersiapkan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.

“GIIAS 2021 akan tetap menjalankan protap kesehatan yang ketat dan mendetail, menuju penyelenggaraannya di September nanti hal ini terus kami koordinasikan dengan instansi-instansi terkait,” jelas dia.

suasana GIIAS 2019

Protokol di GIIAS 2021 kelak berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Sebagai pelengkap, bakal hadir pula platform online berupa aplikasi smartphone GIIAS Auto 360.

“Kami berharap keadaan kesehatan secara nasional akan dapat membaik dalam beberapa waktu kedepan ini, sehingga, para peserta siap, pengunjung juga siap, dan dimungkinkan untuk melaksanakan GIIAS di September ini, dengan aman dan nyaman,” ungkap Rizwan. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar