Wuling Indonesia Berambisi Ciptakan Mobil Sendiri

Berita Otomotif

Wuling Indonesia Berambisi Ciptakan Mobil Sendiri

JAKARTA – Wuling Motors memiliki ambisi yang belum bisa mereka capai dalam 1.000 hari kehadiran mereka di Indonesia.

Ambisi tersebut adalah meluncurkan model yang benar-benar dibuat dari nol untuk dipasarkan di Indonesia. Keinginan tersebut hingga kini masing cita-cita dan diharapkan bisa terwujud dalam setelah Wuling Motors memiliki fasilitas lebih lengkap.

“Tujuannya memang kesana. Salah satu target tim kami dari tahun ke tahun adalah jumlah komponen lokal kemudian ke depannya baru membuat mobil yang berasal dari Indonesia. Hanya saja ini memang belum terealisasi tapi setidaknya beberapa komponen kendaraan sudah buatan lokal,” terang Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motor.

Dalam mengembangkan sebuah kendaraan, produsen mobil memang tidak bisa main-main. Sejumlah fasilitas harus dibuat agar kendaraan yang dihasilkan bisa diterima oleh masyarakat dengan baik.

“Ada beberapa fasilitas yang tidak bisa dikerjakan disini. Misalnya kami tidak memiliki desain centre dan tempat pengembangan powertrain, engine dan transmisi. Semua masih dikembangkan dari pusat,” terangnya.

Mobil yang cocok di Indonesia
Danang menambahkan untuk dapat diterima masyarakat, mobil harus benar-benar memenuhi kebutuhan. Bahkan, APM harus melupakan trend global karena di Indonesia trendnya bisa jadi akan sama sekali berbeda.

“APM harus menyesuaian dengan tren yang cocok di Indonesia. Pasar Indonesia itu sukanya 7-seater. Ciri khas, mobil apapun akan dipaksakan agar bisa 7-seater. Itu bisa dikatakan sebagai karakteristik Indonesia jadi APM harus paham itu,” terangnya.

Meski memiliki karakteristik sendiri, Danang mengakui bahwa trend di Indonesia tetap sulit diprediksi. Ini karena setiap tahunnya, trend mobil bisa berubah mulai dari jenis kendaraan hingga warna favorit.

“Model yang cocok di itu selalu berubah. Dulu sedang, kalau punya mobil tersebut sudah jadi yang paling kaya di komplek. Sekarang adalah SUV, jadi yang paling gagah. 10 Tahun lagi mungkin mobil listrik, jadi yang paling keren di komplek. Jadi trend akan berubah,” pungkasnya kemudian.

Meski belum dapat menciptakan mobil yang berasal dari Indonesia, Danang menegaskan bahwa pihaknya selalu melakukan riset untuk meluncurkan mobil sesuai kebutuhan. Itulah yang menurutnya menjadi kunci keberhasilan Wuling di Indonesia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar