Cedera Marquez Makin Parah, Tim Dokter jadi Kambing Hitam

Berita Otomotif

Cedera Marquez Makin Parah, Tim Dokter jadi Kambing Hitam

CERVERA – Marc Marquez dipastikan absen pada MotoGP Brno 2020, karena cedera yang dialami semakin parah dan hal ini dikatakan merupakan kesalahan tim dokter.

Kembali mengingatkan bahwa Marquez mengalami insiden high side pada seri pembuka MotoGP 2020 di sirkuit Jerez. Hal ini membuat dirinya mengalami cedera patah tulang tangan kanan (humerus).

Namun seperti diketahui pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut ngotot untuk bisa tampil hanya selang beberapa hari setelah operasi. Ia sempat turun ke lintasan dengan kondisi belum sembuh benar dan masih tertanam plat titanium model baru di lengannya.

Ternyata apa yang dilakukan Marquez berbuah masalah baru. Cedera lengan yang dialami pembalap Repsol Honda tersebut semakin parah. Ia kembali naik meja operasi awal pekan ini dengan agenda penggantian plat titanium karena yang terdahulu rusak.

Hal ini mendapat berbagai macam reaksi baik dari dalam sirkuit maupun luar sirkuit. Satu komentar paling pedas datang dari Professor Alex Castagna sebagai pakar ortopedi di rumah sakit khusus bahu dan siku di Milan, Italia. Menurut profesor yang pernah menangani cedera Valentino Rossi dan Luca Marini, cedera Marquez yang semakin parah merupakan kesalahan tim dokter MotoGP.
Cedera Marc Marquez Makin Parah

“Pada atlet bisa saja bertaruh namun tidak pada dokter. Saya dapat memahami keinginan pengemudi yang cepat kembali ke lintasan. Yang saya tidak mengerti adalah bagaimana para dokter dan Dorna bisa memberikan otorisasi. Karena ini adalah kesalahan besar, bahkan sampai Marquez setelah dua lap lalu Ia tidak bisa lagi merasakan tangannya,” ucap Castagna seperti dikutip Tuttomotoriweb.com.

Dijelaskan bahwa dalam ilmu biologi tidak ada fenomena, karena proses pemulihan membutuhkan waktu. Waktu ini kurang lebih sama untuk semua orang. Ia menambahkan setidaknya seorang yang mengalami cedera seperti Marquez setidaknya membutuhkan waktu selama enam pekan. Namun ada beberapa kasus yang pada empat pekan fibrous callus yang sudah kembali terbentuk. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar