Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

CARSOME Insight 2022: Brio Masih Menjadi Mobil Bekas Terlaris, LCGC Naik karena BBM

Berita Otomotif

CARSOME Insight 2022: Brio Masih Menjadi Mobil Bekas Terlaris, LCGC Naik karena BBM

JAKARTA – Platform e-commerce mobil bekas CARSOME melaporkan rekam jejak penjualan mereka selama 2022 kemarin.

Berdasarkan data CARSOME Insight 2022 yang dibagikan kepada rekan media di Jakarta, Kamis (14/4/2023), CARSOME telah menjual hampir 5 ribu unit mobil bekas yang mana meningkat 8 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Dari 5 besar model mobil bekas terlaris, Honda Brio masih menjadi model teratas dengan persentase 7,6 persen.

Kemudian mobil bekas terlaris kedua di CARSOME adalah Mitsubishi Xpander dengan persentase 6,5 persen. Model ini menjatuhkan Toyota Avanza yang sebelumnya bertengger di posisi dua pada CARSOME Insight 2021.

Selanjutnya, sebagai mobil bekas terlaris ketiga hingga kelima ada Toyota Calya 5,1 persen, Honda H-RV 4,8 persen, dan Toyota Rush sebesar 4,8 persen.

Sementara itu untuk tahun produksi mobil bekas yang paling dicari, CARSOME Insight 2022 menunjukkan kalau konsumen memiliki minat paling tinggi kepada mobil berusia 3–4 tahun, dengan mobil bekas 2018 sebagai unit paling laku dengan porsi 24 persen.

Dikatakan besarnya minat konsumen kepada mobil di rentang usia tersebut karna harganya yang lebih terjangkau serta modelnya yang relatif masih terkini.

Andrew Mawikere selaku Chief Executive Officer (CEO) CARSOME Indonesia mengatakan kebutuhan konsumen terhadap mobil bekas selalu berkembang setiap tahunnya, apalagi dengan semakin banyak kebutuhan mobilitas dan semakin beragamnya mobil yang tersedia di pasar Indonesia.

Maka dari itu CARSOME Insight 2022 dibuat untuk melihat tren pasar mobil bekas di Tanah Air dan membuat CARSOME mengembangkan layanannya menjadi lebih baik lagi.

“Inisiatif ini kami lakukan untuk berkontribusi membangun industri otomotif Tanah Air, khususnya industri mobil bekas,” ucap Andrew.

Segmen LCGC Naik Daun karena Harga BBM

Temuan menarik dari CARSOME Insight 2022 terlihat pada penjualan mobil bekas segmen Low-Cost Green Car (LCGC) yang meningkat pesat.

Dari laporan CARSOME Insight 2021, penjualan LCGC hanya 23 persen dan naik menjadi 29,7 persen tahun lalu.

Brand Operation & Commercial General Manager CARSOME Indonesia Donald Rachmat mengatakan kenaikan harga BBM menjadi salah satu faktor populernya LCGC bekas pada tahun 2022.

“Fenomena yang menarik, di mana satu segmen (LCGC) trennya sejalan dengan kenaikan harga BBM yang terjadi di bulan September tahun lalu,” terang Donald.

Meski naik daun, LCGC belum menjadi segmen mobil bekas terlaris di CARSOME tahun lalu. Posisi tersebut masih dihuni segmen Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV).

Secara rinci, 5 besar segmen mobil bekas terlaris adalah:

  1. LMPV 36,3 persen
  2. LCGC 29,7 persen
  3. LSUV 11,6 persen
  4. Hatchback 9,6 persen
  5. SUV 5 persen.

[ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang