Cars Versi Cina Dianggap Melanggar Hak Kekayaan Intelektual

Berita Otomotif

Cars Versi Cina Dianggap Melanggar Hak Kekayaan Intelektual

SHANGHAI – Cina memang telah sering meniru desain kendaraan di dunia, bahkan untuk urusan film kartun tentang mobil sekalipun.

Namun kali ini, mereka terkena getahnya. Disney dan Pixar Animation akan mendapat ganti rugi setelah pengadilan Cina memutuskan film The Autobots dianggap meniru mobil-mobil dalam film Cars secara ilegal.

Dilansir dari Carscoops, produser The Autobots, Bluemtv dan distributornya G-Point telah didenda sekitar $194.000 atau setara dengan Rp 2,6 miliar. Pengadilan setempat menyatakan bahwa produer The Autobots telah dengan sengaja menggunakan karakter dan poster yang dimiliki oleh Disney yang digunakan dalam film Cars serta mereka dianggap telah melakukan persaingan tidak sehat.

Sementara itu sutradara film Zhuo Jianrong menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah dan tidak pernah meninton film Cars. Padahal, pemeran utama dari The Autobots hampir identik dengan Lightning McQueen dari film Cars. Dikabarkan bahwa Jianrong akan melakukan banding dan menyutradarai sekuel dari film tersebut.

“Perlindungan hak kekayaan intelektual adalah kunci untuk pertumbuhan industry budaya. Kami senang bahwa pengadilan melindungi kekayaan intelektual dari perusaan kreatif seperti kami,” tutup Juru Bicara Disney.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual