Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Carry dan XL7 Dominasi Penjualan Suzuki pada 2022, Ertiga Bagaimana?

Berita Otomotif

Carry dan XL7 Dominasi Penjualan Suzuki pada 2022, Ertiga Bagaimana?

JAKARTA – Carry dan XL7 menjadi dua penyumbang utama penjualan Suzuki di Indonesia pada 2022. Lantas, di mana posisi Ertiga?

Suzuki, melalui keterangan resmi pada Selasa (24/1/2023), mengumumkan pencapaian penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) sebanyak 89.067 unit sepanjang 2022.

Jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume itu sebenarnya turun tipis 0,6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Lebih lanjut, Carry pikap masih menjadi tulang punggung Suzuki di negeri ini. Selama Januari-Desember 2022, total transaksi jual-belinya menyentuh 52.322 unit atau naik 2 persen yoy.

Kontribusinya mencapai 58,74 persen dari total penjualan Suzuki tahun lalu.

Suzuki Carry

“Pada Desember New Carry memberikan catatan penjualan tertinggi sepanjang 2022,” tukas Assistant to Department Head 4W Sales PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R. Murdoko.

Bukan itu saja prestasi Carry. Kendaraan niaga rakitan lokal tersebut berhasil meraih 52 persen pangsa pasar di segmennya (mini pikap) dan juga 33 persen pangsa pasar di total segmen pikap.

Model yang menjadi kontributor penjualan kedua Suzuki tahun lalu ialah XL7.

Sport utility vehicle (SUV) murah pesaing Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, maupun Mitsubishi Xpander Cross ini mencatatkan penjualan 15.998 unit atau naik 9 persen yoy.

Kontribusinya terhadap penjualan Suzuki pada 2022 adalah 17,96 persen.

Dengan demikian, komposisi Carry serta XL7 secara akumulatif terhadap performa Suzuki mencapai 76,7 persen.

Suzuki XL7

Ertiga, multi purpose vehicle (MPV) murah yang berkompetisi dengan Toyota Avanza dan kawan-kawan, menjadi kontributor penjualan terbanyak ketiga Suzuki.

Namun, jenama asal Jepang tersebut tidak menyebutkan berapa volume atau pun komposisinya.

“Kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” sebut Randy.

Pada 2022, Suzuki masih menjadi merek mobil terlaris kelima di pasar otomotif Tanah Air. Pangsa pasar mereka mencapai 8,8 persen, turun dari tahun sebelumnya yang menyentuh 10,4 persen.

Suzuki kini mempenetrasi pasar Indonesia dengan sembilan model. Enam model yang belum disebutkan adalah Ignis, SX4 S-Cross, Jimny, APV, Baleno, S-Presso. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang