Cara Sederhana Menghilangkan Udara Panas di Kabin Setelah Parkir

Berita Otomotif

Cara Sederhana Menghilangkan Udara Panas di Kabin Setelah Parkir

JAKARTA – Parkir di tempat terbuka di siang hari beresiko membuat suhu di dalam kabin meningkat dibanding parkir di lokasi tertutup.

Hal ini karena sinar matahari akan langsung menyinari kendaraan langsung tanpa terhalang apapun. Panas di dalam kabin juga semakin meningkat karena material yang ada di dalam mobil dapat menyimpan panas seperti dasboard, jok, door trim dan komponen lainnya.

Dilansir dari Astraworld, dalam kondisi tersebut pengendara tidak disarankan untuk langsung menyalakan pendingin udara atau AC. Hal ini karena AC akan dipaksa bekerja lebih keras dan lebih lama untuk mendinginkan suhu di dalam kabin.

Untuk membuat AC bekerja secara efektif, disarankan untuk membuka kaca mobil terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi udara panas di dalam mobil dan digantikan dengan udara yang lebih segar. Tidak ada salahnya untuk tetap membuka kaca kendaraan berjalan beberapa meter agar pergantian udara bisa lebih cepat terjadi. Setelah itu, Anda dapat menghidupkan AC setelah tidak merasa pengap karena udara panas.

Setelah AC dinyalakan bukan berarti kaca jendela sudah bisa ditutup secara langsung. Tidak ada salahnya untuk tetap membuka kaca penumpang belakang sebesar kurang lebih 5 cm. Tujuannya adalah untuk benar-benar memastikan udara panas sudah keluar. Setelah dirasa sudah tidak ada udara panas di dalam mobil, maka Anda bisa menutup semua kacanya dan menikmati udara segar dari hembusan AC mobil. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual