Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Cermat Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian

Panduan Pembeli

Cara Cermat Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Bepergian

JAKARTA – Memeriksa kondisi kendaraan merupakan hal yang sangat penting untuk mengurangi resiko saat melakukan perjalanan.

Hal ini disampaikan oleh dari Adrianto Sugiarto Wiyono, Senior Instructor Road Safety Researcher Indonesia Defensive Driving Center di sela-sela pengenalan produk Hankook beberapa waktu lalu. Ia menyampaikan bahwa sebelum masuk ke mobil, pengendara harus memeriksa kondisi luar kendaraan (body dan roda), ruang mesin dan kondisi di dalam kendaraan.

“Cara mudahnya, kita bisa mengingatnya dengan menggunakan istilah POWDER. P adalah untuk petrol, yaitu penuh tidaknya bahan bakar, O untuk Oil (minyak) seperti minyak rem, oli mesin dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara untuk W adalah water (air) umumnya yang diperiksa adalah air wiper dan radiator. D  untuk Damage, di mana pengemudi tahu apakah di mobil tersebut ada kerusakan atau tidak. E untuk Electric (kelistirkan), pengemudi harus memeriksa seluruh fitur yang mengandung listrik seperti lampu. Terakhir adalah R untuk Rubber (karet). Sesuai namanya, pemeriksaan menyangkut segala sesuatu yang terbuat dari karet seperti ban, wiper dan sebagainya.

“Pemeriksaan ini harus dilakukan karena untuk menghindari terjadinya kerusakan kendaraan saat di jalan. Dengan demikian, resiko terjadinya kecelakaan dapat diperkecil bila dibandingkan saat kita langsung berkendara tanpa memeriksa kondisi fisik kendaraan,” tegasnya.

Tekanan ban misalnya, bila terlalu rendah maka akan meningkatkan resiko terjadinya ban pecah dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Kondisi tersebut tentu bisa dihindari bila pengemudi memeriksakan kendaraan terlebih dahulu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang