Jangan Malas, Begini Cara Mudah Merawat Kaca Mobil

Panduan Pembeli

Jangan Malas, Begini Cara Mudah Merawat Kaca Mobil

JAKARTA – Kaca depan mobil tentunya sangat penting fungsinya, karena menentukan jarak pandang pengemudi ke arah luar kendaraan.

Oleh karena itu kebersihan kaca mobil harus tetap dijaga, supaya selalu dalam keadaan prima dan tidak mengganggu pandangan.

Merawat kaca mobil pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Suzuki memberikan sejumlah tips sederhana untuk memastikan kaca depan selalu berada dalam kondisi maksimal dan bersih.

Berikut beberapa tips sederhana merawat kaca depan mobil:

Segera Bersihkan ketika Muncul Noda

Merawat Kaca Mobil

Merawat kaca mobil jangan menunggu saat jadwal mencuci kendaraan, tapi segera bersihkan ketika melihat ada kotoran yang menempel. Terlebih untuk kotoran yang berpotensi menjadi noda membandel, seperti air hujan, lumpur, hingga kotoran burung.

Jika tidak segera dibersihkan, maka noda tersebut bisa menimbulkan jamur yang menyebabkan kaca menjadi tidak sedap dipandang.

Sebaiknya ketika melihat kotoran yang menempel, langsung dibersihkan.

Jangan Gunakan Lap Sembarangan

Perhatikan juga kain lap yang digunakan. Sebaiknya bedakan kain lap yang digunakan untuk kaca dan bagian mobil lain seperti bodi. Hal ini untuk menghindari adanya pasir atau kotoran lain yang bisa menyebabkan goresan halus pada kaca.

Jangan gunakan kain lap dengan tekstur telalu kasar. Sebaiknya gunakan lap yang halus, sehingga risiko terjadinya baret dapat diminimalisir.

Demikian pula dengan kain lap basah dan kering, sebaiknya dibedakan untuk memastikan kebersihan kaca tetap optimal.

Keringkan Kaca Sesegera Mungkin Setelah Dibersihkan

Merawat Kaca Mobil

Setelah membersihkan kaca khususnya dengan menggunakan cairan, sebaiknya langsung segera dikeringkan. Hal ini berguna untuk mengindari terjadinya bercak air yang menempel di kaca hingga akhirnya berbekas.

Perlu diketahui bahwa permukaan kaca yang kering dapat membuat debu menjadi sulit menempel.

Periksa Kondisi Karet Wiper

Wiper merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting, tapi jarang menjadi perhatian pemilik kendaraan. Padahal, wiper dengan kualitas yang baik bisa menyapu air dengan lebih maksimal dan mengurangi risiko baret.

Pastikan karet wiper dalam kondisi baik khususnya saat musim hujan. Bila perlu, bersihkan secara rutin untuk menghilangkan kotoran atau pasir halus yang menempel di karet wiper guna menghindari terjadinya baret pada kaca mobil. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar