Cara Mudah Membersihkan Kaca Film di Mobil

Panduan Pembeli

Cara Mudah Membersihkan Kaca Film di Mobil

JAKARTA – Membersihkan kaca yang telah dilapisi dengan kaca film tidaklah sama dengan kaca biasa.

Salah perawatan sedikit justru bisa membuat kaca film menjadi rusak dan membuat fungsi dari kaca film tersebut mengalami penurunan. Untuk itu perlu kehati-hatian lebih saat membersihkan kaca yang telah berlapis kaca film.

Salah satunya adalah dengan menghindari penggunaan glass cleaner yang umum dipakai untuk membersihkan kaca mobil bagian luar. Hal ini karena glass cleaner memiliki kandungan kimia yang cukup kuat menggerus permukaan kaca film hingga rusak.

Untuk membersihkan kaca yang sudah berlapis kaca film sebaiknya memperhatikan jenis kotorannya. Kotoran debu misalnya cukup dibersihjan dengan menggunakan kain mikrofiber. Lakukan dalam gerakan searah agar tidak menimbulkan baret.

Kemudian untuk mengangkat kotoran, bisa dipakai kain chamois atau kanebo dan air secukupnya. Setelah terangkat, cukup bersihkan dengan kain mikrofiber. Pastikan kering supaya tidak meninggakan noda air.

Cara Mudah Membersihkan Kaca Film di Mobil

Bila ternyata kotoran belum terangkat maka adalah dengan menggunakan shampoo yang memiliki ph balance atau minim kandungan kimia berbahaya. Proses pengerjaannnya seperti saat mengangkat kotoran menggunakan air dan dilap kanebo. Segera bilas dengan air biasa saat kotoran sudah terangkat dan keringkan menggunakan kain mikrofiber.

Periksa karet yang melingkupi kaca mobil, terutama pada jendela yang bisa dinaik-turunkan dimana ada celah kotoran bisa menempel. Segera bersihkan dengan kain mikrofiber agar tidak merusak kaca film ketika jendela dioperasikan. Hati-hati pula saat membawa benda tajam ke dalam mobil jangan sampai menggores permukaan kaca film.

Di Indonesia, kaca film termasuk aksesoris kendaraan yang umum digunakan oleh masyarakat. Hal ini karena kaca film dinilai memiliki fungsi yang cukup banyak dan dapat dirasakan langsung oleh pengguna kendaraan.

Salah satu fungsi kaca film yang paling utama adalah kemampuannya dalam menolak panas dari matahari. Kondisi ini kabin kendaraan menjadi lebih nyaman meski AC tidak dinyalakan secara penuh. Hal ini tentu sangat penting bagi mereka yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pada siang hari.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar