Cara Mudah Memasang Antena Sirip Hiu pada Mobil

Panduan Pembeli

Cara Mudah Memasang Antena Sirip Hiu pada Mobil

Antena berbentuk sirip hiu atau dikenal juga dengan sebutan shark fin antenna, sekarang ini banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

 

Antena sirip hiu terlihat lebih menarik sekaligus sporty ketimbang antena konvensioanl yang banyak ditemukan pada mobil-mobil keluaran lama. Tetapi, bukan berarti antena model sirip hiu tidak bisa disematkan pada mobil lama.

 

Saat ini ada banyak toko-toko aksesori mobil yang menjual antena sirip hiu untuk dipasangkan ke mobil Anda. Cara pasangnya pun cukup mudah, bisa dilakukan secara mandiri, tanpa membutuhkan mekanik.

 

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai harga antena sirip hiu, hingga cara memasangnya di mobil.

 

 

 

Harga Antena Sirip Hiu

Harga antena sirip hiu di toko-toko aksesori beragam mulai dari Rp28 ribu saja, sudah dapat antena merek Hybrid JS Racing yang diklaim mampu menangkap sinyal AM/FM.

Ada juga antena keluaran lokal, Otoproject dengan harga Rp135 ribu.

Sementara bagi Anda yang ingin tampilan antena lebih menarik, bisa memilih variasi lain dari shark fin dengan lampu LED dan panel surya, dibanderol Rp35 ribu.

Saat membeli, tidak ada salahnya untuk menyesuaikannya dengan warna bodi mobil, supaya lebih sedap dipandang mata. 

 

Cara Pasang Antena Sirip Hiu di Mobil

 

Cara pasang antena sirip hiu di mobil cukup mudah, cuma berbekal obeng, baut untuk mengikat kabel dan adhesive tape untuk ditempelkan di antena.

 

 

Langkah pertama, pastikan antena yang akan diganti berbentuk seperti antena built-in atau posisi antena berada di area atap mobil.

Setelah itu, buka antena model konvensional dengan memutar ke arah berlawanan. Pastikan kondisi baut di dalam antena tidak bermasalah agar tak terjadi korsleting akibat salah pasang.

 

Sebelum dipasangkan ke bodi mobil, pastikan antena memiliki kelengkapan, seperti kabel ground untuk menyambungkan antara antena dengan pemancar dan pemancar yang tersedia di dalam antena shark fin. Karena beberapa aksesori seperti antena shark fin tidak memiliki pemancar atau penerima sinyal radio baik AM maupun FM. 

 

Setelah itu, bersihkan area di sekitar antena bawaan mobil agar sirip hiu bisa terpasang dengan kuat dan tetap awet tanpa ada sedikit kebocoran dari air hujan sedikitpun. 

 

Setelah itu, masukkan kabel ground dan kencangkan dengan baut yang disediakan oleh produsen aksesori tersebut. 

 

Bila sudah terpasang dengan benar buka adhesive tape yang tersedia di antena shark fin tersebut. Pastikan tidak ada debu yang menempel ataupun air sebelum menempelkannya di bodi mobil. 

 

Saat memasang, pastikan posisi antena sudah benar dan tidak miring ke kanan atau ke kiri. Agar tidak perlu lagi membongkar atau harus memasang kembali lem atau adhesive tape.

 

Uji Coba dengan Menyalakan Radio


Setelah terpasang rapi, coba nyalakan radio pada head unit. Dengarkan apakah ada gangguan sinyal atau lebih jernih.

Kalau mau lebih pasti, coba bawa jalan kendaraan dan rasakan ada masalah atau tidak selama perjalanan, baik penerimaan sinyal maupun suara yang dihasilkan.

 

Pemasangannya sangat mudah serta bisa dilakukan di rumah ataupun di parkiran bahkan dimana saja. Rasanya sangat mudah memasang aksesoris satu ini, ditambah bermodalkan obeng untuk kaitkan kabel dengan antena dalam dan tak perlu lagi lakukan penyesuaian kembali terhadap head unit radio di dalam mobil.

 

Apalagi harganya terjangkau serta banyak pilihan model dan warna sesuai dengan keinginan serta warna mobil Mobilovers punya. Kalau mau sedikit eksentrik dengan memakai warna berbeda atau pakai motif karbon pada biar makin sporty tampilan atap mobilnya. (AP/)

 



Berita Utama


Komentar