4 Masalah AC Mobil dan Pencegahannya

Panduan Pembeli

4 Masalah AC Mobil dan Pencegahannya

JAKARTA - Ada empat masalah yang paling sering terjadi pada pendingin udara (Air Conditioner/AC) yaitu berbau, tidak dingin, berbunyi, dan bocor. Isu-isu tersebut, walau terdengar remeh, tapi bisa cukup mengganggu perjalanan.

AC mungkin adalah fitur kenyamanan paling dasar sekaligus paling penting, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Pasalnya, suhu udara sehari-hari, apalagi di siang bolong, sudah lebih dari cukup membuat orang-orang di dalam kabin berkeringat kegerahan.

Empat problem yang disebutkan di atas dapat mengganggu kenyamanan, konsentrasi, bahkan emosi jika ditambahkan lagi dengan situasi macet. Berikut ini adalah cara-cara mencegahnya, seperti dikutip dari situs resmi dealer Auto 2000 Toyota.

1. AC Berbau
Ada beberapa sumber bau hembusan angin AC. Pertama adalah debu dan kotoran yang masuk ke dalam kabin, baik dari jendela terbuka maupun alas kaki kotor, yang kemudian tersedot ke dalam sirkulasi AC dan menempel di evaporator.

Kondisi lembab juga bisa menumbuhkan jamur di evaporator dan menimbulkan bau tak sedap. Sumber bau lain adalah parfum mobil berkualitas rendah yang uapnya tersedot ke dalam sistem AC dan mengendap di evaporator.

Evaporator sendiri punya tugas penting karena hawa dingin yang dihasilkan olehnya ditiup oleh blower menuju kabin mobil. Alhasil, bau apapun yang menempel di evaporator akan tercium oleh penumpang di kabin.

Langkah terbaik mencegah AC bau adalah rutin membersihkan kabin mobil, terutama bagian depan di area karpet mobil karena dari situ udara kabin disedot oleh sistem AC mobil. Lainnya adalah selalu tutup jendela mobil dan cukup dibuka saat dibutuhkan saja, juga tidak merokok di dalam kabin mobil.

Hindari penggunaan parfum yang punya kualitas rendah, termasuk parfum cair karena uapnya sangat mudah masuk ke dalam sistem sirkulasi. Sebaiknya letakkan parfum di bawah jok depan dan tidak perlu di kisi AC. Selain tidak nyaman bagi sebagian orang, uap yang diembuskan juga kurang baik untuk kesehatan.

Cara menjaga kebersihan sistem sirkulasi AC lain yang tidak kalah penting adalah dengan mengganti filter kabin AC sesuai waktu yang ditentukan. Ini agar komponen tersebut selalu efektif menjaring kotoran yang masuk.

2. AC Tidak Dingin
Ini biasanya terjadi lantaran ada kebocoran di sambungan pipa AC dan evaporator. Termasuk pula evaporator dan kondensor yang kotor karena menghambat proses distribusi hawa panas dan dingin di dalam sistem sirkulasi AC.

Sebabnya bisa karena faktor usia atau perawatan yang tidak tepat seperti servis di bengkel mobil yang kurang oke. Bisa pula karena penggunaan suku cadang yang bukan orisinil, serta jarang melakukan servis berkala.

Jawaban dari masalah ini masuk ke area teknis. Seperti memeriksa kandungan freon di tabung penyimpan, membersihkan evaporator dan kondensor, serta mengganti filter AC agar tetap maksimal menyerap kotoran dan kandungan air di dalam sistem.

3. AC bunyi
Biasanya bunyi mendesis timbul dari expansion valve yang sedang bekerja. Masih wajar saja selama bunyinya tidak mengganggu.

Namun bila merasa tidak nyaman, dan sudah mulai mengganggu pasti ada masalah pada AC mobil Anda. Permasalahan yang ada bisa berasal dari motor blower AC yang rusak, seperti ada bagian yang kendor atau bilah kipas yang rusak.

Bahkan kotoran sepele seperti robekan kertas yang tersangkut bisa membuat AC bunyi. Lakukan pemeriksaan visual di sekitar kisi AC.

4. AC bocor
Hal ini biasanya ditandai dengan adanya tetesan air di lantai kabin. Biasanya disebabkan oleh selang pembuangan air dari evaporator yang tersumbat oleh kotoran dan meluber via sambungan selang.

Selain masalah nomor 1, agak sulit untuk melakukan sendiri perawatan dan perbaikan AC mobil. Auto2000 menyarankan datang langsung ke bengkel resmi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support