Cara Bedakan Suku Cadang Asli Daihatsu dengan Imitasi

Panduan Pembeli

Cara Bedakan Suku Cadang Asli Daihatsu dengan Imitasi

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membagikan beberapa cara untuk membedakan antara suku cadang asli dengan palsu.

Banyaknya suku cadang palsu yang beredar di masyarakat dinilai berbahaya bagi kendaraan. Meski memiliki harga murah, penggunaan suku cadang palsu justru bisa merusak komponen kendaraan lain sehingga membuat biaya perbaikan menjadi lebih tinggi. Hal ini disampaikan oleh Anjar Rosadi, Technical Service Division Head PT ADM beberapa waktu lalu.

“Suku cadang palsu itu sebenarnya hanya dibuat menyerupai namun fungsinya tidak baik. Misalkan filter udara palsu bisa membuat kotoran masuk ke ruang pambakaran. Akibatnya, pembakaran menjadi tidak maksimal dan menyebabkan efisensi bahan bakar berkurang,” ungkapnya.

Tak hanya filter udara, ada beberapa komponen yang umum dibuatkan suku cadang palsu. Untuk itu, PT ADM pun membagikan beberapa cara untuk membedakannya suku cadang asli dan palsu.

Dan berikut adalah keuntungan dari menggunakan suku cadang asli

  • Lebih awet
  • Garansi resmi APM 10.000 KM atau 6 bulan
  • Cocok dengan part lain di mobil

Kekurangan suku cadang palsu

  • Masa pakai pendek
  • Tidak ada garansi
  • Ada kemungkinan tidak cocok dengan komponen lain

Cara membedakan  suku cadang asli dan palsu

  • Oli asli bening dan tidak berbau aneh. Sementara Imitasi umumnya keruh dan berbau aneh
  • Suku cadang filter udara yang asli memiliki kertas yang luas dan tebal (0,75mm) sedangkan imitasi tidak luas dan tipis (0,56 mm)
  • Cetakan material pada filter asli rapi sedangkan yang imitasi tidak rapi.

“Penggunaan suku cadang asli Daihatsu sudah dipastikan akan cocok dengan seluruh suku cadang lainnya yang ada di dalam mobil Daihatsu. Berbeda bila menggunakan sparepart palsu yang bisa merusak komponan mobil lainnya,” tambah Anjar.

Dilakukan Pengujian

suku cadang asli

PT ADM juga menegaskan bahwa seluruh suku cadang asli sudah dilakukan pengujian. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas suku cadang asli Daihatsu. Pengujian tersebut dilakukan dengan standar kualitas Daihatsu Jepang yang disetujui oleh Daihatsu Motor Co., Ltd. Japan sebagai prinsipal.

Setelah lolos dengan standar kualitas Jepang, ADM juga memastikan suku cadang asli Daihatsu tersebut harus cocok dengan kondisi jalan di Indonesia. Untuk itu, kendaraan dan komponennya akan dilakukan tes jalan sejauh 100.000 KM di 24 jenis kondisi jalan yang ada di Indonesia.

Dengan kualitas yang mereka jaga, maka ADM pun berani untuk memberikan garansi cukup lama terhadap suku cadang asli Daihatsu. Sedikitnya, suku cadang asli Daihast akan diberikan garansi selama 6 bulan atau atau 10.000 KM (mana yang lebih dulu tercapai). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar