Canggih! Tes Psikologi untuk Bikin SIM Bisa Dilakukan Online

Berita Otomotif

Canggih! Tes Psikologi untuk Bikin SIM Bisa Dilakukan Online

JAKARTA - Ditlantas Polda Jawa Timur resmi meluncurkan program layanan aplikasi ‘Mentalku’.

Dengan aplikasi ‘Mentalku’ ini maka pemohon baru maupun perpanjangan SIM melakukan tes psikologi melalui online sehingga masyarakat tidak perlu untuk datang secara langsung. Aplikasi kesehatan mental ini menjadi fokus baru dalam bidang edukasi dan layanan publik, mengingat masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental.

“Melihat banyaknya yang belum memahami betapa pentingnya kesehatan mental seseorang, masih banyak yang belum memahami bahwa kesehatan mental seseorang sama pentingnya dengan kesehatan fisik” kata Ketua Umum dan Pendiri ( Chairman ) dari Mentalku Drs. Habib Mohsein bin Saleh SH. MSc.

Dengan layanan aplikasi Mentalku, dirinya berharap peranan tersebut dapat membantu setiap individu menyadarkan betapa pentingnya kesehatan mental mereka. Terlebih, pengemudi kendaraan yang harus selalu siap menghadapi beragam kondisi di jalanan saat berkendara.

“Salah satu tujuannya mengurangi kerumunan di masa pandemi, mengikuti program pemerintah dalam memutus mata rantai Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), serta menerjemahkan program dari Kapolri Sigit terkait digitalisasi” jelasnya.

SIM
Menurut Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Latif Usman, S.I.K., M.Hum, aplikasi ini memang sudah ditunggu sebagai salah satu program dalam era digitalisasi. Selain itu, aplikasi ini juga sesuai dengan pasal 36 dan 37 Perkab Kapolri nomer 9 tahun 2012 bahwa persyaratan bahwa persyaratan bagi para pendaftar yang baru maupun perpanjangan yakni sehat jasmani dan rohani.

Aplikasi Mentalku dapat di download di playstore melalui smartphone. Tatacara penggunaan Mentalku untuk tes psikologi SIM cukup mudah. Pemohon hanya perlu mengisi biodata, lengkap dengan foto KTP dan face recognition. Kemudian isi soal tes psikologi, lalu tunjukan QR Code ke gerai yang dipilih.

“Aplikasi Mentalku memiliki sistem security aplikasi yang menjamin kerahasian data pengguna,” terang Nugroho Tirto Sampurno Direktur Digitalisasi IT Aplikasi Mentalku.

Dengan adanya aplikasi Mentalku, masyarakat Jawa Timur bisa melakukan tes uji psikologi SIM tanpa berkerumun di gerai layanan tes psikologi SIM. Hal ini bertujuan untuk menjalankan protokol kesehatan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar