Aturan Donald Trump Soal Emisi Kendaraan Ditentang Pemerintah California

Berita Otomotif

Aturan Donald Trump Soal Emisi Kendaraan Ditentang Pemerintah California

CALIFORNIA – Pemerintah California telah melakukan pemugutan suara dan menegaskan bahwa produsen mobil tetap harus menggunakan standard emisi yang ditetapkan oleh Barrack Obama, Presiden Amerika Serikat sebelumnya.

Padahal, Pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump tengah berusaha untuk melonggarkan aturan tersebut. Akibatnya, agar tidak terjadi gejolak politik berlebihan, Pemerintah California pun melakukan beberapa langkah strategis. Dengan demikian, aturan emisi yang berlaku akan tetap sama ketatnya.

California Air Resources Board, sebuah badan yang berugas sebagai regulator kualitas udara di California menegaskan bahwa saat ini tidak semua mobil bisa dijual di sana. Hanya kendaraan baru produksi 2017 hingga 2025 dengan standard negara federal yang dapat dijual.

Sementara itu, Trump mengajukan untuk membekukan aturan federal terkait kebijakan emisi. Dalam pengajuan tersebut, Pemerintah mengklaim bahwa standard emisi membuat kendaraan menjadi lebih mahal dan kurang aman. Pernyataan kurang aman tersebut pun saat ini masih sangat diperdebatkan.

Posisi California sendiri terbilang sangat signifikan karena ini adalah negara bagian dengan pasar otomotif terbesar di Amerika Serikat. Selain itu, California juga merupakan negara bagian yang sangat agresif untuk menghadapi pengubahan iklim global. Tak hanya itu, sejumlah negara bagian pun telah mengadopsi aturan dari California.

California juga sudah lama diberikan keleluasaan oleh U.S. Environmental Protection Agency untuk membuat aturan sendiri yang lebih ketat guna menyelesaikan kabut asap di Los Angeles dan beberapa daerah lain. Namun Pemerintah Trump akan mencoba untuk mencabut aturan tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar