Bus Listrik Mercedes-Benz Dijual & Diproduksi di Indonesia pada 2023

Berita Otomotif

Bus Listrik Mercedes-Benz Dijual & Diproduksi di Indonesia pada 2023

JAKARTA – Mercedes-Benz membeberkan rencana memasarkan bus listrik produksi lokal di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

President Director PT. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) Jung-Woo Park mengatakan pihaknya sebenarnya telah memiliki model bus listrik di luar negeri. Produk tersebut antara lain dipasarkan serta diproduksi di Eropa.

Salah satu dari sekian tantangan untuk membawanya ke Indonesia, lanjut dia, terkait dengan regulasi dimensi bus. Namun, hal itu tidak menyurutkan niat mereka membawa bus listrik Mercedes-Benz ke Tanah Air.

“Kami akan membawa prototipe bus listrik ke Indonesia pada semester kedua tahun depan (2022), mendekati akhir tahun. Lalu, kami akan melakukan uji coba terlebih dahulu dalam jangka waktu terbilang panjang yakni minimal enam bulan,” bongkar Park dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) pada Rabu (15/12/2021).

bus listrik Mercedes-Benz eCitaro

Setelah itu, korporasi yang telah memisahkan diri dari divisi kendaraan penumpang Mercedes-Benz tersebut bakal menjualnya. Bahkan, ada ancang-ancang untuk melakukan perakitan lokal.

“Kami akan menjual dan memproduksinya mulai semester kedua 2023,” pungkas Park.

Sekadar informasi, mulai 16 Oktober 2021 kemarin era kendaraan listrik dimulai di Indonesia melalui penerapan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial sampai dengan 0 persen. Tarif pajak paling istimewa diberikan kepada yang berteknologi listrik murni serta hidrogen (fuel cell).

Namun, ada syarat perakitan lokal dalam jangka waktu tertentu untuk model-model yang mendapatkan stimulus tersebut. Pemerintah sendiri, melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, sudah menyiapkan beragam insentif fiskal maupun non-fiskal bagi model-model kendaraan berteknologi elektrifikasi maupun produksi lokalnya.

Mercedes-Benz di Indonesia sendiri telah memiliki pabrik untuk kendaraan penumpang maupun niaga. Lokasinya berada di Wanaherang, Bogor.

bus listrik Mercedes-Benz eCitaro

Merujuk pada situs Daimler global, Mercedes-Benz kini memiliki bus listrik bernama eCitaro. Baterai berkapasitas 292 kWh di dapur pacu bus nihil emisi gas buang tersebut, dalam kondisi penuh, diklaim mampu melaju hingga 250 km.

Sementara, di musim panas, jarak tempuh yang disediakan oleh baterai mencapai 150 km. Kapasitas baterainya sendiri bakal ditingkatkan lagi di masa depan menjadi antara 330 kWh hingga 400 kWh.

Tidak disebutkan, apakah eCitaro merupakan bus listrik Mercedes-Benz yang kelak dijual dan diproduksi di Indonesia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar