Bus Gandeng Putus Saat Beroperasi

Berita Otomotif

Bus Gandeng Putus Saat Beroperasi

JAKARTA - Seorang penumpang bus gandeng di Palhoca Brasil pekan lalu sempat merekam detik-detik putusnya sambungan pada bus gandeng.

Anda mungkin salah satu dari pengguna bus gandeng atau articulated bus saat bepergian dengan menggunakan TransJakarta. Bus gandeng memang mode transportasi masal yang umum digunakan di negara-negara dunia. Model ini dipilih karena nilai perawatannya yang tergolong ringan karena memiliki kapasitas 2 bus reguler namun hanya menggunakan 1 mesin saja.

Namun tetap saja, namanya transportasi masal tetap harus mendapat perawatan yang intensif. Jika tidak tentunya akan menimbulkan masalah yang bisa mengancam nyawa penumpangnya.

Seperti yang terjadi di Palhoca, Brasil beberapa waktu lalu. Saat beroperasi, tiba-tiba gandengan bus yang bentuknya seperti alat musik accordion putus.

Dalam rekaman video berdurasi kurang dari 1/2 menit insiden ini nyaris melukai seorang wanita yang duduk persis dibelakang sambungan bus. Untungnya wanita tersebut dapat menghindar dan kemudian berebut keluar dengan penumpang lainnya pada sisi kanan bus. 

"Saya menyadari bahwa bus itu bermasalah dan mungkin akan memburuk. Jadi saya memfilmkan perjalanan sampai saat bus tersebut putus," jelas sang perekam.

Untungnya tidak ada satu orang pun terluka pada kejadian ini. Dan kemungkinan besar langsung diinvestigasi oleh pihak transportasi Brasil.

Sejatinya bus gandeng atau articulated bus memiliki banyak keunggulan dan nyaman untuk digunakan. Dan boleh dibilang kasus seperti ini sangat jarang terjadi. Apalagi jika kondisi kendaraan benar-benar terawat.

Dari insiden ini mungkin kita bisa memetik pengalaman. Jika ada sesuatu atau suara yang aneh pada sambungan saat menumpang bus gandeng, mungkin sebaiknya Anda menjauh. Atau dapat menghungi supir atau petugas yang berjaga agar segera dilakukan pemeriksaan.[Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual