Buruh Pabrik Mercedes-Benz, Audi, BMW dan Porsche Tuntut Kenaikan Gaji

Berita Otomotif

Buruh Pabrik Mercedes-Benz, Audi, BMW dan Porsche Tuntut Kenaikan Gaji

BERLIN – Para pekerja pabrik mobil di Jerman terdiri dari Mercedes-Benz, Audi, BMW dan Porsche melakukan aksi unjuk rasa menuntut kenaikan gaji dan pengurangan jam kerja.

Aksi tersebut dipicu oleh serikat buruh Jerman bernama IG Metal. Adapun kegiatan ini diadakan sebagai peringatan, atas keputusan industri yang hendak memperpanjang jam kerja. Jika perpanjangan waktu dilakukan maka bisa menghemat biaya produksi hingga ratusan juta Euro.

Namun dalam prosesnya kedua belah pihak gagal menemui kata sepakat. Keduanya bersikeras untuk menunjuk pihak ketiga membuat konsesi. Namun mereka menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perundingan.

Dilaporkan bahwa IG Metal menuntut kenaikan gaji sebanyak 8 persen selama 27 bulan. Adapun hal ini mencakup para pekerja di sektor logam dan teknik yang berjumlah 3,9 juta anggota. Selain itu IG juga menuntut pengurangan jam kerja mingguan menjadi 28 dari 35 jam.

Pengurangan jam kerja dimaksudkan untuk merawat orang tua yang sakit atau anak-anak. Tuntutan tersebut baru hanya berlaku selama dua tahun, setelah itu mereka akan kembali bekerja dalam waktu normal.

Sementara dari pihak pengusaha menawarkan kenaikan gaji sebesar 6,8 persen. Namun pihak pabrikan menolak untuk mengurangi jam kerja. Mereka justru menginginkan kenaikan jam kerja apabila diperlukan.

“Keputusan berada di tangan para pengusaha untuk memahami sinyal yang kami kirimkan. Kami juga menunggu perbaikan yang signifikan terhadap tawaran mereka. Jika para pengusaha itu bersedia, pembicaraan akan kembali dilakukan Senin depan,” ungkap Joerg Hofmann, Head of IG Metal seperti dikutip Carscoop. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual