Sering Dibunyikan, Brand Eropa Harus Ganti Klakson Sebelum Masuk India

Berita Otomotif

Sering Dibunyikan, Brand Eropa Harus Ganti Klakson Sebelum Masuk India

MUMBAI – Berkendara di Mumbai, India sama sekali berbeda dengan di Indonesia, khususnya Jakarta.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah seringnya klakson dibunyikan. Bahkan, ketika jalanan kosong pun, kendaraan tetap membunyikan klakson. Menariknya, pengemudi terlihat sudah biasa untuk saling membunyikan klakson.

“Klakson adalah sebuah tanda untuk memberi tahu pengendara bahwa ada kendaraan lain di sekitarnya. Dengan demikian kendaraan lain tidak melakukan manuver secara tiba-tiba dan menyebabkan kecelakaan,” ungkap Sakthi Krishna, Senior Manager – South East Asia International Operations-Automotive Sector Mahindra & Mahindra Ltd.

Kondisi tersebut membuat klakson menjadi sesuatu yang sangat penting. Bahkan, sejumlah pabrikan asing yang ingin masuk ke India harus melakukan penyesuaian klakson agar lebih awet saat digunakan di India.

“Ada brand Eropa yang ingin masuk ke India namun mereka harus melakukan penyesuaian kendaraan agar dapat bersaing di India. Salah satu komponen yang dilakukan penyesuaian ada klakson mereka,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa di Eropa kendaraan jarang menggunakan klakson. Kondisi tersebut membuat kualitas klakson asli terbiang kurang tepat karena lalu lintas di Eropa cenderung jarang menggunakannya. Untuk itu, brand Eropa tersebut mengganti klaksonnya dengan kualitas lebih baik dibandingkan klakson bawaan.

“Jadi sebelum masuk ke India, mereka mengganti klakson dengan yang lebih baik serta mengganti suspensi agar lebih awet. Ini karena kondisi jalan di India juga cenderung bergelombang,” tambahnya.

Sementara itu di Indonesia, klakson umumnya hanya digunakan sesekali ketika ingin memperingatkan pengemudi lain. Klakson juga digunakan sebagai pengganti ucapan terima kasih setelah diberikan jalan atau sebagainya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support