Bukan Main, Mobil Jaguar Tua yang Hancur Parah Ini Laku Rp1,8 M!

Berita Otomotif

Bukan Main, Mobil Jaguar Tua yang Hancur Parah Ini Laku Rp1,8 M!

LONDON – Sebuah mobil Jaguar klasik dalam kondisi remuk di sana – sini baru saja laku nyaris Rp2 miliar di pelelangan.

Mobil langka yang berharga mahal mungkin masuk akal. Akan tetapi, masihkah demikian jika mobil langka itu penyok parah di sana – sini dan bahkan nyaris hancur?

Gilanya, seperti dilaporkan Robb Reports pada Rabu (2/6/2021), kisah ini benar – benar terjadi pada sebuah Jaguar XK150 S yang remuk redam karena kecelakaan parah. Dalam kondisi baik, XK150 S memang memang mahal dan masih bisa dihargai GBP280 ribu (Rp5,65 miliar).

Akan tetapi, Jaguar yang usianya sama dengan bapak atau mungkin kakek kita tersebut berada dalam keadaan memprihatinkan karena mengalami kecelakaan lalu lintas parah pada 1996. Ia keluar jalur dan tabrakan di tengah hujan deras pada September tahun itu.

Jaguar XK150 S Hancur Laku Rp1,8 Miliar

Pemiliknya selamat, tapi tidak dengan mobil klasik yang ia kendaraan. Kondisi mobil saat pelelangan terjadi diperburuk lagi oleh karat di berbagai bagian, mulai dari bodi, gril depan, berbagai bagian di interior, hingga komponen – komponen seperti mesin.

Ini tidak menghalanginya laku seharga GBP90 ribu atau Rp1,81 miliar (GBP1 = Rp20.209,54) di pelelangan yang digelar oleh Bonham pada akhir Mei kemarin.

“Melihat tanggal-tahun tabrakan serta bagaimana mobil ini disimpan dalam area kering, kondisinya masih bisa ‘diselamatkan’. Mobil ini menawarkan potensi ‘hadiah’ luar biasa sebagai sebuah proyek mobil restorasi,” kata Bonham.

Mobil Langka

Tentu saja, bukan mobil sembarangan yang masih mendapat apresiasi semahal itu meski sudah hampir hancur lebur. XK150 S merupakan mobil klasik produksi 1960-an yang jumlahnya terbatas di seluruh dunia.

Apalagi, XK150 S yang dilelang merupakan varian Drophead S coupe yang beperforma amat garang pada masanya. Produksi varian ini pun dahulu hanya 50 unit diseluruh dunia.

Sejak 1969, mobil tersebut hanya dimiliki oleh satu orang.

Jaguar XK150 S langka hancur

XK150 S sendiri diproduksi oleh pabrikan asal Inggris tersebut pada rentang 1957 – 1961.

Menurut Mobilovers sendiri bagaimana, pantaskah mobil langka Jaguar XK150 S dalam kondisi rusak itu dihargai miliaran rupiah? [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar