Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Indonesia Gagal Jadi Negera Kedua yang Produksi Suzuki Jimny

Berita Otomotif

Indonesia Gagal Jadi Negera Kedua yang Produksi Suzuki Jimny

NEW DELHI – Suzuki Jimny dikabarkan akan diproduksi di India, padahal sebelumnya Indonesia merupakan salah satu calon kuat untuk memproduksi mobil ini.

Kabarnya, Suzuki akan memulai produksi Jimny pada tahun 2020 dan akan memenuhi pasar ekspor untuk negara timur tengah dan Afrika. Kemungkinan produksinya akan dilakukan di pabrik mereka yang berlokasi di dekat Ahmedabad, Gujarat. Dengan ini India akan menjadi negara kedua yang memproduksi generasi keempat dari Jimny setelah pertama dilakukan di pabrik Suzuki di Kosai, Jepang.

Namun demikian, sayangnya penjualan SUV tiga pintu di India sendiri dikabarkan tidak terlalu baik dibandingkan MPV dan hatchback. Untuk itu, pasar ekspor akan menjadi tulang punggung bila rencana produksi ini benar-benar terealisasikan.

Dan seperti kita ketahui, kondisi tersebut terbilang sedikit berbeda dengan di Indonesia. Meski belum diluncurkan secara resmi, Suzuki Jimny diklaim sudah dibooking oleh ribuan penggemarnya. Maklum, mobil ini memang cukup menjadi legenda khususnya bagi penggemar offroad.

Melihat kondisi tersebut, sebenarnya bukan tidak mungkin Indonesia lebih berpotensi untuk memproduksi Suzuki Jimny dibandingkan India. Terlebih lagi, Shuji Oishi, Managing Officer Automotive Market SMC, saat menghadiri Telkomsel IIMS 2019, menegaskan bahwa Jimny pasti diproduksi di pabrik Suzuki Indonesia daripada India.

“Indonesia dulu lah (daripada India) karena dulu Indonesia punya Katana juga. Mesinnya Jimny sekarang juga sama dengan Suzuki Carry dan Ertiga (generasi terbaru),” ungkapnya.

Sayangnya, Oishi tidak bisa memastikan kapan Jimny akan mulai dibuat di Nusantara. Ia juga tidak mengatakan yang perakitannya kelak dilakukan di Tambun atau Cikarang, karena Suzuki punya pabrik di dua lokasi tersebut.

“Bulan depan atau satu tahun lagi tergantung regional,” tandas Oishi.

Kalau pun ternyata India dan Indonesia sama-sama dijadikan sebagai basis produksi Jimny, maka Suzuki harus lebih jeli untuk membagi pasar ekspor. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang