Bukan Indonesia, Ini Negara Asia Pertama yang Jual All New Honda Civic

Berita Otomotif

Bukan Indonesia, Ini Negara Asia Pertama yang Jual All New Honda Civic

BANGKOK – All New Honda Civic akhirnya masuk pasar Asia-Oceania. Namun, bukan Indonesia yang pertama kali mendapatkan sedan tersebut.

Civic generasi ke-11, menurut Honda melalui keterangan resminya, menjalani debut untuk kawasan Asia-Oceania di Thailand pada pekan pertama Agustus 2021.

Debut dunia alias world premiere dari sedan ini sendiri, berdasarkan penelusuran Mobil123.com, terjadi pada akhir April tahun ini di Amerika Serikat.

Di pasar ‘Negeri Gajah Putih’, All New Civic terdiri dari tiga tipe, yakni EL, EL+, serta RS.

Tipe terendah berbanderol 964.900 bath atau setara Rp415 juta (1 baht = Rp429,91) dan tipe tertingginya sekira Rp515,84 juta.

Secara dimensi, All New Civic 30 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya, menjadi 4.678 mm. Lebarnya juga ditambah 3 mm, menjadi 1.802 mm.

Namun, tingginya dikurangi 1 mm, menjadi 1.415 mm. Wheelbase alias jarak sumbu roda diperpanjang 33 mm, sehingga kini menjadi 2.733 mm.

All-New Honda Civic sedan

Teknologi Honda Sensing sudah menjadi standar di semua tipe. Fitur-fitur canggih di dalamnya antara lain Lead Car Departure Notification System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lane Keep Assist System, dan Collision Mitigation Braking System.

Selanjutnya ada Road Departure Mitigation System with Lade Departure Warning, Auto Headlamp, Honda Lane Watch, dan Driver Attention Monitor.

Ada pula tiga mode berkendara, terdiri dari ECON, Normal, dan Sport.

Fitur-fitur lain yang tersebar di ketiga tipenya ialah HondaConnect, pengisi daya nirkabel Qi, dan yang paling menarik, Honda Smart Key System with Honda Smart Key Card. Ya, membuka kunci pintu All New Civic bisa dilakukan dengan sebuah kartu seperti mobil listrik Tesla.

All New Civic menjadi sedan pertama di kelasnya dengan fitur tersebut.

All-New Honda Civic sedan

Untuk urusan dapur pacu, sedan Civic generasi ke-11 mulai dari tipe EL sampai RS dipersenjatai oleh mesin bensin 1.5-liter VTEC Turbo dengan transmisi otomatis CVT. Gelontoran daya maksimumnya 178 ps.

“Thailand adalah negara pertama di luar Amerika Utara yang meluncurkan Civic Sedan Generasi ke-11. Hal ini  menunjukkan potensi pertumbuhan yang tinggi dan juga merupakan basis produksi penting di kawasan Asia-Oceania,” tegas Chief Officer for Regional Operations (Asia & Oceania) of Honda Motor and President and CEO of Asian Honda Motor Masayuki Igarashi. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar