Bukan Ertiga, Ini Mobil Andalan Suzuki di 2019

Berita Otomotif

Bukan Ertiga, Ini Mobil Andalan Suzuki di 2019

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan semakin memfokuskan diri untuk menggarap pasar otomotif Indonesia melalui segmen mobil komersial dan bukan segmen kendaraan penumpag seperti Suzuki Ertiga.

Segmen mobil komersial yang terus memabaik ditambah dengan ketatnya persaingan di LMPV membuat Suzuki semakin yakin bahwa Suzuki Carry akan menjadi tulang punggung penjualan di tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta.

“Market share kendaraan niaga bisa sampai 51 persen. Selain itu infrastruktur juga sudah mulai selesai jadi pedagang dulu jangkauannya sempit, sekarang sudah semakin jauh. Kalau memang jangkauan usahanya masih sama, namun jumlah perjalanan akan naik. Makanya kami akan genjot di kendaraan niaga, dari tahun lalu dan tahun ini,” tuturnya.

Suzuki sendiri memang di tahun lalu mengandalkan Suzuki Carry dan Mega Carry sebagai tulang punggung penjulannya. Tercatat, Suzuki Carry dan Mega Carry berhasil terjual sebanyak 55.267 unit. Jumlah tersebut jauh lebih banyak ketimbang Ertiga yang hanya berhasl terjual sebanyak 32.592 unit dan Ignis dengan perolehan penjualan sebesar 13.802 unit.

Donny pun menegaskan bahwa di tahun 2019, kenaikan segmen transportasi akan meningkat. Namun peningkatan tersebut akan lebih disebabkan banyaknya kendaraan komersial yang dibutuhkan masyarakat. Menghadapi hal tersebut maka mau tidak mau Suzuki harus lebih fokus lagi di segmen komersial.

“Di 2019, kondisi ekonomi mungkin akan sama tapi sektor transportasi akan naik 9 persen totalnya. Salah satunya adalah didorong infrastruktur. Tapi kalau mau bicara khusus lagi, akan lebih didorong oleh kendaraan komersial,” tuturnya.

Fokusnya Suzuki terhadap penjualan kendaraan komersial memanglah bukan bualan semata. Hal ini karena dikabarkan Suzuki telah menyiapkan generasi baru untuk Suzuki Carry Pick-u. Selain desainnya yang baru, Suzuki Carry juga dipastikan akan memiliki ketangguhan untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar