Bukan Cuma Putra Jokowi, Ford pun Mulai Eksis di eSports

Berita Otomotif

Bukan Cuma Putra Jokowi, Ford pun Mulai Eksis di eSports

WASHINGTON D.C - eSports kini sedang menjadi tren yang menggoda banyak pihak. Setelah Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, mengumumkan masuk ke sebuah tim eSports, giliran Ford yang memperkenalkan tim resmi mereka di ajang olahraga online tersebut.

Kaesang pada akhir pekan lalu diberitakan menjadi anggota ke-10 divisi tim Mobile Legends: Bang Bang tim eSport Aerowolf. Di dalam konferensi pers, adik dari Gibran Rakabuming Raka ini mengatakan memang hobi bermain game dan ia dipinang untuk masuk tim.

Tak berselang lama, Ford membentuk tim eSport mereka yang bernama Fordzilla. Mereka, seperti diwartakan Carscoops pada Selasa (20/8/2019) lalu, melakukan seremoni peluncuran tim dalam Gamescom pada 20 - 24 Agustus di Cologne, Jerman.

Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat ini kemudian bakal merekrut pemain-pemain dari seputar Eropa seperti Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, plus Inggris. Fordzilla nantinya berkompetisi di game-game populer, termasuk di antaranya adalah Forza Motorsport 7.

“Kami di Ford mempunyai cerita mengakar di dunia balap yang membuat pihak-pihak lain iri hati. Sekarang saatnya membawa pengetahuan kami di sana dan mengaplikasikannya di jagad eSports--menangkap imajinasi dari pebalap-pebalap virtual generasi terkini, menginspirasi mereka untuk mengemudikan salah satu kendaraan beperforma tinggi dari Ford,” ucap Roelant de Waard, Vice Presiden Marketing Sales and Service Ford Europe.

Nilai uang yang terkumpul dari eSports sendiri sudah tidak bisa lagi dianggap enteng. Pada tahun ini, pasar eSports global diperkirakan mengumpulkan pendapatan 1,1 miliar dollar AS (Rp 15,67 triliun). eSports diproyeksikan mampu menarik 453,8 juta pemirsa pada 2019.

Dunia yang dulu dianggap hanya buang-buang waktu ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Bahkan, kepopuleran eSports dianggap berpotensi mengancam kelangsungan hidup ajang balap mobil Formula One yang semakin ditinggalkan oleh pemirsa berusia muda.

“Batas antara dunia nyata dengan virtual semakin kabur. Permainan video game sekarang menjadi bagian dari kultur arus utama. Para pemain game top dunia menantang pebalap profesional di dunia nyata dan banyak dari aktivitas harian kita sudah dimasukkan ke dalam ranah game, mulai dari menggunakan aplikasi fitnes sampai mengumpulkan poin loyalitas dari sebuah kedai kopi,” nilai Amko Leenarts, Design Director Ford Europe.

Menurutnya, menyalurkan gairah, semangat, dan keahlian komunitas game bakal dapat membantu Ford membentuk pola pikir mengenai masa depan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support