Bugatti Ciptakan Kaliper Rem Titanium dengan Teknologi 3D Print

Berita Otomotif

Bugatti Ciptakan Kaliper Rem Titanium dengan Teknologi 3D Print

MOLSHEIM - Bugatti kembali berinovasi dengan meluncurkan kaliper titanium pertama di dunia yang diproduksi menggunakan teknologi 3D Print.

Bugatti menunjukkan keseriusannya untuk terus menghadirkan mobil-mobil berperforma lainnya di masa depan. Di tahun lalu, Chiron telah menjelma menjadi salah satu supercar tercepat di dunia yang menjadi bukti eksistensi Bugatti.

Kali ini bukannya menghadirkan produk baru, produsen asal Prancis ini membuat sebuah elemen penting pada mobil dengan teknologi modern. Bugatti dan Lasen Zentrum Nord telah menjalin kerjasama untuk mengerjakan proyek kaliper titanium dengan teknologi 3D Print.

Kaliper rem ini menjadi komponen pertama di dunia yang diproduksi dengan teknologi 3D Print. Selain itu, kaliper ini juga merupakan komponen produksi terbesar dengan menggunakan teknologi tersebut.

Dengan menggunakan bahan titanium, Bugatti dan Lasen Zentrum Nord mampu membuat kaliper khusus yang memiliki bobot 2,9 kg. Meski memiliki bobot yang ringan, kaliper rem Bugatti ini juga memiliki dimensi cukup besar dengan panjang 406,4 mm, lebar 208,2 mm dan tinggi 134,6 mm.

Bugatti dan Lasen Zentrum Nord sendiri membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk mengembangkan komponen titanium yang akan digunakan. Setiap bagian pada kaliper rem ini membutuhkan 45 jam untuk proses print dengan menggunakan mesin sangat besar yang memiliki 4 laser untuk membentuk 2.213 lapisan di setiap bagian.

“Pengembangan kendaraan merupakan proses yang tidak pernah selesai. Hal tersebut memang terjadi di Bugatti. Untuk terus mengembangkan produk, kami selalu mempertimbangkan bahan baru dan berbagai proses yang dapat digunakan untuk membuat model-model kami lebih baik dan kendaraan masa depan dari brand kami,” tutur Frank Gotzke, Head of New Technologies Bugatti.

Bugatti sendiri akan menguji secara langsung kualitas kaliper rem terbarunya dalam beberapa bbulan ke depan sebelum diproduksi secara massal. Kaliper rem ini diprediksi akan disematkan pada Bugatti Chiron atau Super Sport untuk diuji coba. [Amo/Ari]

Baca Juga: Penanganan Mewah Recall Bugatti Chiron



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual