Bugatti Chiron Buatan Lego yang Bisa Dikendarai

Berita Otomotif

Bugatti Chiron Buatan Lego yang Bisa Dikendarai

EHRA-LESSIEN – Bugatti Chiron tiruan terbuat dari Lego baru-baru ini mencuri perhatian, bukan cuma karena ukurannya yang seperti aslinya, tapi juga bisa dikendarai.

Replika Chiron tersebut, seperti diwartakan Carscoops beberapa waktu lalu, benar-benar dibuat dengan detail sehingga tampak serupa dengan yang sungguhan oleh tim gabungan yang terdiri dari orang-orang Bugatti serta Lego. Proyek ini membutuhkan 13 ribu man-hours untuk dirakit.

Artinya, jika dikerjakan oleh satu orang, butuh hampir satu setengah tahun untuk menyelesaikannya tanpa berhenti untuk makan, tidur, maupun istirahat. Chiron tiruan dibangun dari berjuta-juta keping Lego.

Dibutuhkan 339 tipe Lego yang berbeda-beda untuk membentuk tak hanya bodi luar dan rangka, tapi juga sayap belakang, lampu depan serta belakang, hingga interior seperti kursi, speedometer, sampai dengan lingkar kemudi yang bisa dicopot dan dipasang.

Namun, yang paling keren dari Bugatti Chiron versi Lego ini  adalah kemampuannya untuk  dinaiki dan kemudikan. Semua berkat 2.304 motor kecil dari Lego Power Function Series plus 4.032 Technic gear wheels yang disematkan kepadanya.

Sistem penggerak tersebut memproduksi tenaga maksimal 5,3 hp dan torsi 92 Nm.

Bobotnya sendiri 1.500 kg dengan kecepatan puncak 12 mil/jam atau sekitar 20 km/jam. Memang, performanya bagaikan bumi dan langit jika dibandingkan dengan Chiron sungguhan, tetapi tetap saja kebisaannya untuk dioperasikan layaknya mobil pada umumnya terbilang impresif untuk sebuah ‘mainan’.

“Model Lego seukuran aslinya ini adalah yang pertama bagi kami dari berbagai aspek. Melaluinya, kami ingin melewati batas imajinasi kami,” kata Lena Dixen, Vice President Lego.

Chiron tiruan ini bahkan dites di Ehra-Lessien, Jerman. Tak tanggung-tanggung, yang mengetesnya adalah Andy Wallace, mantan pemenang balap ketahanan Le Mans dan pengemudi resmi Bugatti.

“Mengendarai Chiron versi Lego adalah pengalaman menyenangkan yang saya sangat nikmati. Bertahun-tahun lalu saya tak pernah membayangkan bisa mengendarai mobil yang terbuat dari Lego,” ujar Wallace.

[Xan/Ari]

 



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar