Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Brio Facelift Tak Punya Honda Sensing, Honda: Konsumennya Belum Butuh

Berita Otomotif

Brio Facelift Tak Punya Honda Sensing, Honda: Konsumennya Belum Butuh

JAKARTA – Honda Brio facelift belum diberkahi dengan teknologi Honda Sensing karena para pembelinya dinilai belum memerlukan.

Honda Sensing merupakan teknologi keselamatan aktif Honda.

Di dalamnya terdapat fitur Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) serta Auto-High Beam.

Brio facelift, yang meluncur pada Jumat (5/5/2023) kemarin dengan rentang harga Rp165,9-243,9 juta on the road (OTR) Jakarta untuk varian Satya maupun RS, belum memilikinya.

Model termurah yang sudah memiliki Honda Sensing di Indonesia adalah tipe tertinggi Honda BR-V yang harga OTR Jakartanya kini Rp355 juta.

Honda BR-V dengan Honda Sensing

Menanggapi hal tersebut, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan pihaknya selalu mempelajari kebutuhan fitur setiap produk mereka. Termasuk tentunya ketika mengembangkan Brio facelift.

“Kalau kami tambah fitur ini, harga menjadi segini oke atau enggak. Mana, sih, yang dibutuhkan. Mana yang want (diinginkan), mana yang nice to have (menyenangkan jika dimiliki). Itu kami atur semua,” ujar Billy dalam sesi tanya-jawab pascapeluncuran.

Penyematan Honda Sensing sendiri, akunya, bakal menambah harga Rp20 juta pada setiap produk. Menurut hasil survey, para konsumen Honda Brio facelift tidak mengapresiasi penambahan harga sebesar itu untuk teknologi tersebut.

Meski demikian, Billy menilai aspek keselamatan Brio facelift sudah mencukupi.

Brio ini sudah mendapatkan rating empat bintang (ASEAN) NCAP. Salah satu fitur yang dibutuhkan untuk mendapatkan itu adalah airbag,” tandas dia.

“Kalau pun tidak ditambahkan, kami yakin Brio tetap dengan keamanan yang terjamin,” tegasnya lagi.

Honda Brio 2023

Daftar fitur baru pada Brio facelift sendiri terbilang minim. Pada varian Brio Satya, hanya ada tambahan Auto Up and Down Window with Antipinch.

Sementara itu, pada varian Brio RS, terdapat Start/Stop Button, Power Retractable Outer Mirror, Head Unit 7 Inch with Android Auto and Apple CarPlay (khusus transmisi CVT).

Dari sisi fitur, pesaingnya yakni All New Toyota Agya dan All New Daihatsu Ayla yang baru meluncur Maret kemarin lebih banyak. Contohnya saja Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Paddle Shift, Power Mode, Wireless Charger.

Tapi, karena Honda tetap yakin Brio akan memenangkan persaingan karena mengklaim sudah memiliki fitur yang paling dibutuhkan dan diapresiasi target konsumen mereka. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang